Karena adanya risiko kardiovaskular yang ditimbulkan, BPOM telah mencabut izin edar dan menarik obat-obatan yang mengandung sibutramine sejak Oktober 2010.
Padang (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyita 19.080 butir kapsul jamu pelangsing tradisional tanpa izin edar yang mengandung bahan kimia obat sibutramine Hcl.

"Dari hasil laboratorium, obat tradisional berupa jamu pelangsing tersebut mengandung bahan kimia obat berupa sibutramine HCL," kata Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim di Padang, Kamis.

Abdul mengatakan penyitaan obat tradisional tanpa izin edar tersebut merupakan hasil kerja sama BBPOM dengan Polda Sumbar setelah penelusuran tim siber terkait adanya penjualan obat tradisional tanpa izin edar di media sosial.

Abdul menyebut selain 19.080 butir kapsul jamu pelangsing tradisional, BBPOM Padang juga menyita 5.600 pil jamu penambah berat badan. Kedua jenis obat tanpa izin edar itu disita di sebuah rumah di Kecamatan Padang Utara yang diduga tempat penyimpanan obat tersebut.

Baca juga: Loka POM temukan 10.624 kosmetik tanpa izin edar di Kobar

Baca juga: BPOM ajak masyarakat terapkan "Cek Klik" sebelum belanja produk pangan


"Dari hasil penyitaan kedua obat tradisional tanpa izin edar ini BBPOM menaksir nilainya mencapai Rp150 juta," sebut Kepala BBPOM Padang.

Pada kesempatan itu, Abdul menjelaskan
sibutramine adalah penekan nafsu makan yang berfungsi sebagai serotonin norepinephrine reuptake inhibitor. Efek samping yang berpotensi timbul akibat kandungan zat itu antara lain detak jantung cepat, tidak teratur, atau berdebar kencang.

Selain itu, sesak napas, agitasi, halusinasi, demam, tremor, refleks terlalu aktif, mual, muntah, diare, kehilangan koordinasi, pupil melebar, otot kaku, demam tinggi, berkeringat, kebingungan, merasa akan pingsan, mudah memar atau berdarah dan lain sebagainya.

"Karena adanya risiko kardiovaskular yang ditimbulkan, BPOM telah mencabut izin edar dan menarik obat-obatan yang mengandung sibutramine sejak Oktober 2010," ujarnya.

Obat tradisional berupa jamu dan sejenisnya merupakan bahan, ramuan bahan atau produk yang berasal dari sumber daya alam. Baik itu dari tumbuhan, hewan, jasad renik, mineral, atau bahan lain dari sumber daya alam, atau campuran dari bahan itu yang telah digunakan secara turun temurun dan sudah terbukti berkhasiat.

Obat tradisional juga harus terbukti aman dan bermutu untuk pemeliharaan kesehatan, meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit serta telah dibuktikan secara empiris maupun ilmiah. Artinya, setiap obat tradisional yang beredar di masyarakat wajib memiliki izin edar yang dikeluarkan lembaga yang berkompeten dan tidak boleh mengandung bahan kimia obat.

Terhadap temuan obat tradisional tanpa izin edar itu, BBPOM akan melakukan pemeriksaan lanjutan. BBPOM menegaskan kasus tersebut juga berdasarkan gelar perkara dan diproses secara pro justisia.*

Baca juga: BPOM laporkan temuan 86.034 produk pangan tidak memenuhi kriteria

Baca juga: Bea Cukai dan BPOM Gagalkan Ekspor Obat Tradisional Tanpa Izin Edar


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024