pihaknya juga mengantisipasi adanya sengketa menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Jakarta (ANTARA) - Menjelang pemilihan kepala-wakil kepala daerah (Pilkada) 2024, Komisi Informasi Pusat (KIP) gelar focus grup discussion (FGD) dengan peserta dari Bawaslu, KPU, hingga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kami ada FGD. Kami kumpulkan ke Bawaslu, KPU, kemudian DKPP dan pengamat-pengamat KPU, mantan-mantan komisioner KPU yang kami anggap perlu akan kami undang,” kata Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro saat dijumpai di sela kegiatan penyusunan IKIP 2024 di Jakarta Pusat, Kamis.

Hal ini dijelaskan Donny, merupakan tugas dari Komisi Informasi yakni menetapkan standar layanan dan menyelesaikan sengketa.

Lebih lanjut, Donny mengatakan bahwa pihaknya juga mengantisipasi adanya sengketa menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Oleh sebab itu, pihak KI Pusat akan membicarakan bersama KPU, Bawaslu hingga DKPP terkait pengawasan Pilkada 2024.

Tak hanya itu, Donny juga mengingatkan terkait politik dinasti yang saat ini trennya semakin meningkat. Sehingga Badan Publik seperti KPU dan Bawaslu harus aktif melakukan sosialisasi terkait keterbukaan informasi.

“Mereka kan harus kasih pengertian ke masyarakat. Itu trennya naik loh, khususnya di daerah. Jadi kita akan membicarakan keterbukaan informasi akan seperti apa? Profiling Cakada juga kan itu dari mereka," kata Donny.
Baca juga: DPRD - KPU DKI koordinasi terkait perlindungan sosial badan ad hoc
Baca juga: DKI kemarin, coklit data KPU hingga lomba layar internasional Ancol
Baca juga: Dharma Pongrekun-Kun Wardana belum penuhi syarat verifikasi faktual


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024