Jakarta (ANTARA) -
Pertandingan Satria Muda Pertamina Jakarta (SM) melawan tamunya, Dewa United Banten (DUB) berlangsung sengit, dalam kuarter pertama dan kedua pada pertandingan pertama semi final playoff Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di Britama Arena, Jakarta, Kamis.

Klub kebanggaan warga Jakarta itu mendominasi permainan dan mampu menundukkan perlawanan Gelvis Solano dan kawan-kawan dengan skor akhir 43-36 pada akhir kuarter kedua.
 
SM yang diasuh Youbel Sondakh menurunkan Arki Wisnu, Juan Laurent Kokodiputra, Ibrahim Aziz, Reynaldo Garcia Zamora, dan Artem Pustovyi sebagai starter. Sedangkan DUB yang dikomandoi Pablo Daniel Favarel, diperkuat Lester Prosper, Jordan Adams, Kaleb Ramot, Gelvis Solano, dan Hardianus pada awal laga.

Baca juga: Dewa United bungkam Borneo Hornbills pada laga kedua playoff IBL 2024

Baca juga: Radithyo Wibowo raih gelar Rookie Of The Year IBL Awards 2024
 
Dalam pertandingan tersebut, pemain dari kedua tim bermain 'ngotot', sehingga kejar-kejaran angka berlangsung sengit.
 
Awal laga dimulai dengan aksi Arki yang mencoba menerobos langsung pertahanan Dewa, tetapi lay up yang akan dilakukan masih gagal menemui sasaran.
 
Keran skor pertandingan baru dibuka melalui Zamora. Akibat foul dari pemain DUB, satu free throw Zamora berhasil membuka skor laga. Aksi pemain asing tersebut tidak sampai di situ, satu menit lebih laga berjalan, tembakan tiga angkanya menjadi yang pertama melawan tim tamu. Pada sisa 9 menit, skor pun menjadi 4-2.
 
Hingga sisa 5 menit kuarter pertama, kejar-kejaran skor masih terus terjadi. Youbel Sondakh yang melihat laga berjalan sengit karena skor terus dikejar lawan, mencoba menambah daya gedor timnya dengan memasukkan guard peraih MVP Lokal IBL Awards 2024, Abraham Damar Grahita.
 
Merespons itu, Dewa tampak tidak gentar. Kaleb Ramot dan kawan-kawan justru tetap mampu menggempur pertahanan Satria, meski pun skor masih selisih tipis.
 
Aksi Adams dengan bergerak pivot melewati dua pemain di paint area SM, sebelum melakukan under basket menambah semangat rekan-rekan setimnya.
 
Terbukti, Prosper turut menambah angka melalui tembakan tiga angka, sehingga menyamakan kedudukan jadi 13-13.
 
Pada sisa 3 menit skor 13-13, Favarel mengganti Solano dengan center Tavario Miller guna menambah perolehan skor.
 
Pertahanan DUB pun tampak semakin solid dan terjaga dari serangan.
 
Di sisa waktu kuarter pertama, Kaleb Ramot dan Prosper membuat timnya berbalik unggul dan menutup skor menjadi 18-14. Keduanya, masing-masing melakukan aksi tembakan tiga angka dan dunk.

Kuarter kedua
 
Pada kuarter kedua, Dewa tampak mendominasi laga pada empat menit berjalan.
 
Skor mulai berangsur menjauh untuk keunggulan Solano dan kawan-kawan dengan 29-19 poin. Namun, Grahita tidak tinggal diam melihat angka tersebut. Di sisa 2 menit laga, skor SM beranjak mengejar Dewa dengan 32-33 poin.
 
Tak lama berselang, momentum menjadi milik skuad asuhan Youbel. Grahita berhasil membalikkan keadaan menjadi 35-33 melalui tembakan tiga angka.
 
Aksi dua center dari kedua tim, yaitu Pustovyi dan Prosper, turut menghangatkan pertandingan. Keduanya saling membalas tembakan tiga angka, guna menambah poin bagi tim masing-masing.
 
Akhirnya, kuarter kedua menjadi milik SM karena laga ditutup dengan skor akhir kuarter kedua 43-36 untuk keunggulan tuan rumah Satria Muda Pertamina Jakarta.

Baca juga: Satria Muda siap hadang Dewa United di semifinal IBL 2024

Baca juga: Prosper cetak rerata poin tertinggi di tiga klasifikasi pemain di IBL

Baca juga: Michael Qualls pemain paling produktif pada musim reguler IBL 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024