keterbatasan jumlah anggota menjadi penyebab sulit menangkap aksi pelaku kejahatan yang beraksi di kawasan terminal
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menyatakan akan menemui Kepala Terminal Bus Tanjung Priok beserta jajaran terkait pengakuan mereka kian maraknya tindak kriminal di kawasan terminal bus.

"Kami akan datangi dan diskusi terkait keluhan tersebut serta akan cari solusi dalam menghadapi persoalan ini," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan hal ini akan menjadi atensi pihaknya karena menyangkut situasi keamanan dan ketertiban di terminal bus yang merupakan pusat keramaian aktivitas masyarakat.

"Jangan sampai ada rasa takut terkait aksi kejahatan di sini," kata dia menegaskan

Pihaknya akan melakukan kegiatan Ngopi Kamtibmas di Terminal Bus Tanjung Priok untuk mendengarkan langsung permasalahan dan kejadian yang memunculkan ketakutan terhadap aksi kejahatan serta mengumpulkan informasi secara detail  terkait aksi yang kerap terjadi.

"Pokoknya tidak boleh ada rasa takut terhadap kejahatan di negeri ini," kata alumni lulusan Akademi Kepolisian tahun 1996 ini.

Sebelumnya Kepala Terminal Bus Tanjung Priok Muzofar Surya Alam mengatakan Tanjung Priok identik sekali dengan masalah kriminal dan pihaknya bebenah diri, sedikit demi sedikit bekerja sama dengan jajaran Kepolisian

Menurut dia keterbatasan jumlah anggota menjadi penyebab sulit menangkap aksi pelaku kejahatan yang beraksi di kawasan terminal.

"Kalau menangkap justru kita berbahaya, pernah anggota saya secara reflek ikut menangkap malah dia jadi korban kena tebas," kata dia.

Ia mengaku sejak itu pihaknya menahan diri saja dan jika memang ada terjadi tindak kriminal di depan mata maka kami langsung lapor ke pos polisi di terminal.

"Penjambretan yang sering dilakukan dengan sepeda motor, kalau penodongan udah enggak ada. Kalau sering laporan ke kita si soal penjambretan," kata dia.
Baca juga: Pemkot sosialisasi tata cara penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha
Baca juga: Terminal Bus Tanjung Priok memberangkatkan 6.571 penumpang pada H-2
Baca juga: Keberangkatan penumpang terbanyak di Terminal Tanjung Priok pada Sabtu


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024