Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyediakan layanan pemesanan tiket melalui online. Fitur itu bermanfaat untuk efisiensi waktu karena masyarakat tidak perlu datang langsung untuk mengantri di loket pada stasiun keberangkatan.

Masyarakat yang telah membayar tiket secara online diharapkan segera mencetak tiketnya di mesin cetak tiket mandiri (CTM) untuk mendapatkan boarding pass.

Cetak tiket mandiri ini adalah layanan untuk mempermudah para penumpang dalam mencetak tiket yang telah mereka beli melalui channel resmi.

Berikut ini cara cetak tiket online atau mencetak boarding pass, Kereta Api Indonesia (KAI) menggunakan mesin CTM:

Cetak tiket fisik pada mesin CTM

1. Temukan mesin cetak tiket mandiri yang tersedia pada stasiun keberangkatan
2. Pada layar utama mesin cetak tiket mandiri, terdapat kolom berupa masukan kode booking atau kode pemesanan pada tiket yang sudah di pesan melalui online. Masukan kode tersebut
3. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan ID data diri, seperti nomor ponsel, atau nomor kartu identitas sesuai dengan data pemesanan
4. Jika semua keperluan data sudah di isi dengan benar, kemudian tekan “Cari”
5. Pada layar mesin cetak mandiri, akan muncul informasi tentang data calon penumpang meliputi nama pemesan, tanggal keberangkatan, posisi kursi, jenis kereta, dan lain sebagainya.
6. Jika semua data sudah sesuai, terakhir Anda tekan ”Cetak tiket” kemudian mesin cetak mandiri akan mengeluarkan tiket fisik.

Perlu diketahui, setiap mesin cetak tiket mandiri (CTM) mempunyai tampilan menu yang berbeda-beda di setiap stasiun. Jika ragu, segeralah bertanya dan meminta bantuan kepada petugas di stasiun tersebut.

Baca juga: Cara bayar tiket kereta api melalui mobile banking

Baca juga: Daftar harga tiket kereta api eksekutif, sesuai jenis dan kelasnya

Baca juga: Cara membeli tiket Kereta Api Indonesia (KAI) secara online

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024