Kendaraan listrik ini akan memudahkan mobilisasi petugas ke lokasi pertandingan PON Aceh-Sumut dalam memberikan layanan terbaik pada saat penyelenggaraan olahraga ini
Banda Aceh (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Provinsi Aceh meluncurkan motor listrik safety patrol yang akan digunakan petugas dalam mendukung keandalan energi pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut.

“Kendaraan listrik ini akan memudahkan mobilisasi petugas ke lokasi pertandingan PON Aceh-Sumut dalam memberikan layanan terbaik pada saat penyelenggaraan olahraga ini,” kata General Manager PLN UID Aceh Mundhakir di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meluncurkan 20 unit motor listrik safety patrol yang di pusatkan di halaman depan Kantor PLN UID Aceh di Banda Aceh.

Ia menjelaskan motor listrik kerja sama PLN UID Aceh dengan PLN Icon tersebut menggunakan tipe yang tertinggi di kelasnya yakni dilengkapi dua baterai dengan daya sebesar 7 ribu watt dan jarak tempuh mencapai 120 KM.

Menurut dia pada saat penyelenggaraan arus lalu lintas akan tinggi dan tempat pengisian bahan bakar akan padat. Di mana penggunaan motor listrik menjadi salah satu solusi terbaik dalam memberikan layanan terbaik.

“Kita juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk pengisian daya sehingga sangat aman dan mudah. Saat ini kita juga terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum daya guna memudahkan masyarakat pengguna mobil dan motor listrik,” katanya.

Ia mengatakan untuk penggunaan motor listrik di Aceh saat ini khususnya di Banda Aceh tidak perlu khawatir karena saat ini sudah hadir Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum yang berfungsi untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik salah satunya di PLN UID Aceh.

Ia menyebutkan total SPKLU yang ada di Aceh saat ini ada 14 unit dan jumlah tersebut akan terus ditambah dalam mendukung dan memudahkan masyarakat yang menggunakan motor dan mobil listrik sebagai alat transportasi sehari-hari.

Ia menjelaskan penggunaan motor listrik tersebut juga bagian mencegah kecelakaan kerja dan mengidentifikasi potensi bahaya di tempat kerja serta mendukung program transisi energi.

“Penggunaan motor listrik tersebut juga bagian mendukung program pemerintah transisi energi ke listrik,” katanya.

Pihaknya akan terus berupaya maksimal dalam menjaga keandalan energi listrik di provinsi ujung paling barat Indonesia itu khususnya pada saat penyelenggaraan event tingkat nasional itu di Tanah Rencong.

Baca juga: PLN harus lebih komunikatif terkait pemadaman listrik
Baca juga: DPRA: PLN harus pastikan listrik stabil saat perhelatan PON di Aceh

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024