Generative AI memungkinkan level interaksi dengan pengguna menjadi lebih humanis dan intuitif
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan konsultan IT Devoteam G Cloud Indonesia menilai teknologi Generative Artificial Intelligence (Gen AI) mampu mengelevasi kinerja bisnis berbagai industri untuk terus bersaing di masa mendatang.

Country Director Devoteam G Cloud Indonesia Hendrawan Deny Ardiyatman dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan sebanyak dua perusahaan di bidang telekomunikasi dan finansial mengalami peningkatan kinerja yang signifikan berkat produk-produk rancangan Devoteam.

"Banyak sekali teknologi terbaru dari AI yang sudah membantu dan memberikan dampak langsung terhadap bisnis perusahaan telekomunikasi dan finansial setelah melakukan implementasi proyek AI," katanya.

Ia mencontohkan Vertex conversation (chatbot AI) dengan teknologi Google Cloud sudah mampu menggantikan live agent atau customer care di industri telekomunikasi dan finansial.

"Generative AI memungkinkan level interaksi dengan pengguna menjadi lebih humanis dan intuitif. Hal ini sudah terbukti memberikan efek positif terhadap bisnis di industri-industri tersebut," tambah Hendrawan.

Hendrawan menambahkan dengan dukungan dari Devoteam, asisten pencarian baru MyTelkomsel mengubah pencarian kata kunci yang kaku menjadi eksplorasi percakapan yang cepat.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna akan mendapatkan kontrol yang lebih besar dan menghemat waktu dalam menavigasi aplikasi, memungkinkan penyelesaian kebutuhan, dan masalah umum dengan lebih cepat.

Demikian pula, Devoteam membantu Amar Bank meluncurkan aplikasi mobile only dengan KYC digital, alat keuangan, dan agregasi akun menggunakan Google Cloud.

"Implementasi solusi yang ramah pengguna ini memungkinkan pembukaan akun yang mudah, setoran tanpa batas, transfer, dan transaksi. Devoteam memanfaatkan teknologi Google Cloud untuk meningkatkan kesehatan finansial dan inklusi di Amar Bank," ujarnya.

Hendrawan menyebutkan produk Google Cloud lainnya juga akan sangat dibutuhkan untuk kemajuan bisnis ke depannya.

"Dalam kategori atau keilmuan AI dan machine learning, Google Cloud memiliki produk unggul yaitu Vertex AI yang merupakan sebuah platform AI dari Google yang memungkinkan pengguna dalam mengembangkan atau membuat aplikasi berbasis Generative AI. Ini akan terus dibutuhkan oleh beragam perusahaan. Selain itu, Google Trade Intelligence juga akan menjadi tren di kemudian hari. Ini merupakan solusi keamanan dari Google yang dilengkapi dengan Generative AI," jelasnya.

Baca juga: Meta perluas jangkauan akses Meta AI dan hadir dalam bahasa baru
Baca juga: Cara mudah kenali konten yang dihasilkan AI

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024