selain Taman Balekambang yang sudah diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kamis ini, yang terdekat yakni peresmian Pasar Jongke
Solo (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memastikan beberapa proyek di Solo, Jawa Tengah, yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan dapat selesai pada tahun 2024 ini.

"Ya kalau PUPR sebenarnya masih banyak yang di Solo," kata Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan selain Taman Balekambang yang sudah diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Kamis ini, yang terdekat yakni peresmian Pasar Jongke yang saat ini penataannya juga sudah selesai dikerjakan.

"Yang diresmikan Pak Presiden hari Sabtu (26/7) besok ada Pasar Jongke," katanya.

Selain itu, dikatakannya, Ditjen Cipta Karya juga tengah menangani revitalisasi Alun-alun Keraton Surakarta Hadiningrat.

Ia mengatakan untuk proyek penataan kawasan Alun-alun Keraton Surakarta sudah mencapai 89 persen.

Baca juga: Tol Solo-Yogya dioperasikan sampai Klaten pada Juli 2024

Baca juga: Menteri PUPR pastikan proyek infrastruktur di Solo berbasis kebutuhan


Proyek lain yang juga masih dikerjakan yakni "underpass" Simpang Joglo Solo. Ia mengatakan dalam waktu dekat jalan bawah tanah tersebut juga dapat dilewati oleh umum.

"Underpass Simpang Joglo insya Allah bisa segera berfungsi, insya Allah tahun ini. Alun-alun keraton insya Allah juga tahun ini," katanya.

Untuk pengerjaan "underpass" Simpang Joglo, dikatakannya, saat ini mencapai 60 persen.

"Mudah-mudahan November selesai. Underpass Simpang Joglo nanti panjangnya 900 m. Ini untuk mengganti perlintasan sebidang, di kota kan nggak ideal untuk perlintasan sebidang," katanya.

Ia mengatakan dari 900 meter ini, 450 meter di antaranya tepat berada di bawah rel KA.

Baca juga: PUPR selesaikan pembebasan lahan untuk proyek underpass Joglo

Baca juga: Kementerian PUPR: Proses awal pembangunan Terowongan Joglo mulai Juni

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024