Film ini mengingatkan tentang Aceh masa lalu, kita harapkan nantinya menjadi spirit bagi generasi muda untuk menatap masa depan Aceh lebih baik
Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami mendukung penuh program Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) RI membuat film tentang kisah pahlawan nasional asal Aceh Laksamana Malahayati.

"Film ini mengingatkan tentang Aceh masa lalu, kita harapkan nantinya menjadi spirit bagi generasi muda untuk menatap masa depan Aceh lebih baik," kata Bustami di Banda Aceh, Kamis, pada pertemuan dengan tim pembuatan film Malahayati, di Pendopo Gubernur Aceh.

Bustami mengaku senang dengan pembuatan film tersebut, karena akan banyak benda, pakaian, maupun bangunan yang asli bernuansa Aceh. "Dengan pembuatan film ini, maka banyak yang bernuansa Aceh dipromosikan lewat film tersebut," ujarnya. 

Sementara itu Penasihat Khusus Menko Marves Ezki Tri Rezki mengatakan film Laksamana Malahayati digagas Menteri Luhut Binsar Pandjaitan sebagai bentuk legacy darinya.

Baca juga: Film Laksamana Malahayati Dalam Peringatan Tiga Tahun Tsunami Aceh

Film tersebut sengaja dibuat dalam format 3D karena menyasar kalangan anak-anak, sekaligus menjadi film edukasi tentang kepahlawanan yang dimiliki Indonesia.

"Ini adalah film komersial yang nantinya akan ditayangkan lewat Netflix dan bioskop," kata Ezki.

Ezki menyampaikan pihaknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat film tersebut, seperti menjumpai ahli waris Keumala Hayati, mengunjungi lokasi perang dan tempat tinggal Malahayati, serta mempelajari berbagai literatur sejarah.

Baca juga: Mennegpora dan Film Laksamana Malahayati

"Nantinya film ini juga akan dibuat versi dalam Bahasa Inggris, karena juga kita pasarkan untuk negara lain," ujarnya.

Dalam kesempatan ini Animator Film 3D Malahayati, Chandra Endroputro mengatakan film Malahayati itu bergenre fiksi karena dikombinasikan dengan imajinasi. Nantinya, terdapat beberapa bagian alur cerita yang ditambah guna menyesuaikan genre film anak-anak.

"Selain Malahayati, nantinya juga akan ada tokoh utama lainnya yang berusia anak yang diberi nama Si Mirah dan menjadi tokoh kunci dari alur cerita film tersebut," kata Chandra.

Baca juga: Pahlawan asal Aceh Laksamana Malahayati jadi nama jalan di Jakarta

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024