Jakarta (ANTARA) -
Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkuat literasi mengenai antikorupsi bagi masyarakat melalui KPK Corner dan Pameran Arsip Memori Antikorupsi.
 
KPK Corner dan pameran tersebut diresmikan oleh Pelaksana Tugas Kepala ANRI Imam Gunarto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Hardianto Harefa, dan putri Wakil Presiden Ke-1 RI Moh Hatta, Halida Nuriah Hatta, secara simbolis melalui pemotongan pita di Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi ANRI di Jakarta, Kamis.
 
Imam Gunarto menjelaskan KPK Corner sekaligus pameran tersebut dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengetahui banyak hal mengenai penanganan dan penindakan korupsi di tanah air.
 
"Masyarakat perlu belajar tentang korupsi sejak zaman dulu kala yang sudah menghancurkan begitu banyak kejayaan masa lalu karena korupsi," ujar dia.

Baca juga: KPK gelar Roadshow Bus KPK sebarkan pendidikan dan pesan antikorupsi
 
Di samping itu, ia mengatakan, KPK Corner sekaligus Pameran Arsip Memori Antikorupsi itu dapat menjadi sumber pembelajaran bagi masyarakat yang hendak mendalami studi antikorupsi.

"Arsip merupakan bukti nyata, benar, dan lengkap karena tidak dibuat-buat, tetapi tercipta secara imparsial. Maka, tidak ada rekayasa pada arsip dan ini sangat cocok menjadi sumber pembelajaran bagi masyarakat," kata dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Sekjen KPK Cahya menyampaikan terima kasih kepada ANRI atas kerja sama dalam menghadirkan KPK Corner dan pameran tersebut.

Menurut dia, kedua sarana itu dapat mengakomodasi pihak-pihak yang hendak mendalami arsip tentang korupsi.
 
"Itu bisa mengakomodasi pihak-pihak yang ingin mendalami tentang korupsi, mulai dari sejarahnya, perlawanan terhadap korupsi, kemudian kita sangat senang apabila begitu banyak lagi orang yang akan melakukan penelitian lebih lanjut," ujar dia.
 
Ia mengatakan kehadiran KPK Corner itu juga salah satu wujud pendekatan berupa pendidikan untuk memberantas korupsi di Indonesia.
 
KPK Corner di Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi dapat menjadi alternatif sumber atau pojok pengetahuan bagi pengunjung, khususnya mengenai isu pemberantasan korupsi.

Baca juga: Membangun peradaban antikorupsi di sekolah
Baca juga: Nadiem dukung SPI Pendidikan untuk wujudkan generasi antikorupsi

 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024