Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan Presiden Suriah Bashar Assad di Kremlin, demikian laporan koresponden Sputnik. Pertemuan itu berlangsung pada Rabu malam.

"Saya sangat senang bertemu dengan Anda. Kita memiliki kesempatan untuk membicarakan seluruh kompleksitas hubungan kita," kata Putin dalam pertemuan tersebut.

Putin mengusulkan untuk membahas situasi di kawasan yang cenderung memburuk, mencatat bahwa hal ini juga berlaku untuk Suriah, tanpa melupakan pembahasan mengenai hubungan perdagangan dan ekonomi antara Rusia dan Suriah.

Sementara itu Bashar Assad mencatat relevansi pertemuan dengan Vladimir Putin di tengah-tengah peristiwa geopolitik saat ini untuk membahas prospek dan skenario yang mungkin terjadi.

"Mengingat semua peristiwa yang terjadi hari ini di dunia dan di kawasan Eurasia secara keseluruhan, pertemuan kita hari ini tampaknya sangat penting untuk membahas semua rincian perkembangan peristiwa ini, untuk membahas prospek dan skenario yang mungkin terjadi," kata Assad dalam pertemuan itu. Rusia dan Suriah telah melalui ujian yang sulit selama beberapa dasawarsa terakhir, kata presiden, dan menambahkan bahwa pertemuan ini bertepatan dengan peringatan pendirian hubungan diplomatik antara kedua negara.

"Selama beberapa dasawarsa terakhir, negara kami telah melalui ujian yang sulit. Beberapa dasawarsa ini telah menyaksikan proses transformasi yang kompleks di dalam negara kami," kata Assad.

Presiden Suriah itu menambahkan selama semua dasawarsa itu, hubungan di antara kedua negara tetap mempertahankan tingkat kepercayaan, yang hal itu merupakan indikator kedewasaan rakyat kedua negara.


Sumber: Sputnik
Baca juga: Rusia kutuk keras serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah
Baca juga: Pertemuan di Moskow setujui usulan peta jalan normalisasi Suriah-Turki
Baca juga: Presiden Suriah akan sambut pasukan tambahan Rusia


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024