Sektor otomotif yang terkait kendaraan listrik (EV) mendominasi penjualan sekitar 70 persen dari keseluruhan transaksi lahan pada semester pertama tahun 2024
Jakarta (ANTARA) - Penjualan lahan industri di Jabodetabek pada kuartal kedua tahun 2024 meningkat, yang didominasi oleh permintaan dari perusahaan sektor otomotif yang terkait dengan pabrik kendaraan listrik.

Direktur Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, menyebut total transaksi penjualan tanah industri selama kuartal kedua tahun 2024 tercatat 182,90 hektar, meningkat 184 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Sementara itu, total transaksi penjualan tanah yang tercatat hingga semester I 2024 mencapai 247 hektar dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir 2024, didorong oleh banyaknya permintaan aktif dari perusahaan asing yang berencana mendirikan pabrik di Indonesia.

“Sektor otomotif yang terkait kendaraan listrik (EV) mendominasi penjualan sekitar 70 persen dari keseluruhan transaksi lahan pada semester pertama tahun 2024,” katanya.

Hal ini menunjukkan tren pertumbuhan bisnis industri kendaraan listrik di Indonesia.

Arief menambahkan pasokan lahan industri di wilayah Jabodetabek tetap sama seperti kuartal sebelumnya, yaitu sebesar 16.628 hektar, karena tidak ada pasokan lahan industri baru yang masuk ke pasar selama kuartal II 2024.

Ia menyebut kawasan industri tetap fokus mempromosikan pasokan lahan yang sudah ada kepada pembeli potensial. Ekspansi pasokan lahan industri di masa mendatang diperkirakan akan berasal dari kawasan industri di sepanjang koridor timur, Bekasi, Karawang, dan Subang.

Kemudian, tingkat okupansi rata-rata gudang yang disewa di area Jabodetabek pada Juni 2024 menurun 0,10 persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi 86,20 persen.

Meski demikian, pasar pergudangan tetap kompetitif dengan terus bertambahnya pasokan baru. Pola permintaan diperkirakan akan tetap serupa, dengan permintaan utama berasal dari sektor otomotif dan logistik yang didorong oleh aktivitas e-commerce.

Baca juga: Bos Jababeka segera jual murah tanah di Cikarang
Baca juga: Proyek kawasan industri pupuk di Fakfak dalam proses pembebasan lahan
Baca juga: Kawasan Industri Wijayakusuma: Tren investasi asing masih besar


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024