Jakarta (ANTARA) - Unit bisnis financial technology GoTo yakni GoTo Financial meluncurkan aplikasi GoPay Merchant untuk memberikan layanan keuangan yang aman dan mudah bagi pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM.

"Kami resmi meluncurkan aplikasi terbaru dari grup GoTo, yaitu aplikasi GoPay Merchant. Aplikasi ini telah kita desain khusus untuk memenuhi kebutuhan UMKM di Indonesia," kata Chief Operating Officer (COO) GoTo Hans Patuwo dalam acara peluncuran GoPay Merchant di Jakarta Selatan, Kamis.

Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo mengatakan GoPay Merchant hadir sebagai solusi dari kendala yang dihadapi pelaku UMKM terkait adopsi pembayaran digital.

Baca juga: GoTo bawa inovasi AI lewat Dira si asisten suara berbahasa Indonesia

Baca juga: RUPS GOTO setujui beli kembali saham Rp3,2 triliun


Menurut dia, tantangan pelaku UMKM dalam mengadopsi sistem pembayaran digital antara lain proses pendaftaran yang sulit, pencairan uang yang memerlukan waktu, hingga kekhawatiran uang yang diterima tidak sesuai nominal penjualan.

Haryanto menjelaskan aplikasi GoPay Merchant ini memiliki beragam fitur unggulan yang memudahkan pelaku usaha.

Pertama, proses pendaftaran QRIS yang mudah dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant.

QRIS bisa langsung jadi dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung.

"Setelah pendaftaran selesai, QR-nya akan langsung jadi dalam hitungan detik, tidak perlu nunggu beberapa hari kerja," kata Haryanto

Kedua, pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup.

Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.

Bersamaan dengan aplikasi GoPay Merchant, GoTo juga menghadirkan alat GoPay Spiker yang dapat mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk setiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan.

"Gopay Spiker adalah perangkat yang bisa memberikan notifikasi suara atas transaksi QRIS yang dilakukan supaya pelaku usaha ga perlu bolak-balik untuk cek HP-nya atau cek aplikasinya untuk verifikasi transaksi," terang Haryanto.

Alat yang terintegrasi dengan aplikasi GoPay Merchant ini menyediakan dua pilihan suara  yakni suara default dan suara yang dihasilkan oleh AI. Untuk menggunakan Gopay Spiker, pelaku usaha dikenakan biaya sebesar Rp1.900 per hari.

Baca juga: Gojek kembangkan fitur dengan teknologi terkini untuk beri rasa aman

Baca juga: GoTo ingin pamerkan inovasi teknologi asal Indonesia di China

Baca juga: MCI: Aksi "buyback" saham GoTo jadi sinyal positif

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024