Jayapura (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua berharap momentum peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) menjadi titik awal untuk memajukan keluarga yang berkualitas menuju Indonesia emas.

Kepala BKKBN Papua Nerius Auparay dalam kegiatan peringatan Harganas ke-31 di Jayapura, Kamis, mengatakan peran keluarga merupakan hal penting dalam upaya pembangunan bangsa dan negara yang lebih tangguh.

Baca juga: Pemkot Jayapura tingkatkan kolaborasi dalam penanganan stunting

"Keluarga yang berkualitas akan menghasilkan generasi yang cerdas dan memiliki akhlak yang mulia, serta generasi unggul yang menjadi pemimpin masa depan bangsa," katanya.

Auparay mengatakan pihaknya akan terus melakukan berbagai program untuk menjadikan keluarga semakin berkualitas seperti sekolah lansia.

"Itu bertujuan untuk memperbanyak komunikasi antar-lansia ketika di rumah mereka merasa kesepian, maka di sekolah ini mereka saling berkomunikasi," ujarnya.

Selain itu, katanya, ada juga program "Kembali ke Meja Makan", dimana melalui program tersebut ada interaksi antara bapak, ibu dan anak-anak.

Baca juga: Kepala BKKBN: Generasi muda Papua harus cerdas sambut Indonesia Emas

Baca juga: BKKBN evaluasi penanganan stunting di Papua Barat


"Kami berharap melalui Harganas semua pihak dapat bersinergi dan menggerakkan langkah untuk mewujudkan generasi emas Papua 2045," katanya.

Dia juga berharap Harganas tahun ini dapat menjadi langkah awal untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024