Jakarta (ANTARA) - Sejak pertama kali bergabung di liga bola basket Indonesia, Dewa United Banten belum pernah lolos dari babak semifinal playoff IBL. Ujian terbesar tim ini bukan semata-mata tim lawan yang akan mereka hadapi, yaitu Satria Muda Pertamina Jakarta, melainkan babak semifinal atau ronde kedua playoff IBL itu sendiri.

Putaran Kedua Playoff IBL 2024 akan dimulai malam ini, Kamis (24/7). Empat tim yang akan bertanding adalah Dewa United Banten melawan Satria Muda Pertamina Jakarta, sementara di sisi lain Pelita Jaya Jakarta akan menghadapi Prawira Harum Bandung. Dari keempat tim tersebut, hanya Dewa United yang belum pernah melewati ronde kedua.

Sejak awal musim IBL 2024, Dewa United sudah menargetkan untuk bisa menjuarai liga. Upaya untuk mencapai target ini diwujudkan dengan perbaikan rooster dan mendatangkan staf pelatih yang berkualitas. Meskipun sempat kalah dari Borneo Hornbills di Game 1 Playoff IBL Putaran Pertama, Dewa United akhirnya bisa kembali ke babak semifinal untuk musim kedua berturut-turut dengan keunggulan 2-1.

Perjalanan Dewa United di liga basket profesional Indonesia dimulai sejak 2021, setelah mengakuisisi Louvre Surabaya yang bergabung dengan IBL pada 2020. Di musim 2021, Dewa United mencapai babak semifinal, tetapi mereka disapu (0-2) oleh Pelita Jaya.

Pada musim 2022, mereka kembali ke playoff namun terhenti di ronde pertama setelah kalah 1-2 dari Prawira. Dendam Dewa United terhadap Prawira semakin besar ketika tim Bandung tersebut kembali menyingkirkan mereka di semifinal tahun 2023 dengan kemenangan 2-0, sebelum akhirnya Prawira menjadi juara musim itu.

Tahun ini, Dewa United mungkin merasa sedikit lega karena mereka tidak bertemu Prawira hingga ronde kedua Playoff IBL 2024. Namun, menghadapi tim peraih gelar IBL terbanyak Satria Muda Pertamina Jakarta di babak empat besar tetap menjadi tantangan berat.

Baca juga: Peran krusial Lester Prosper dalam pertahanan Dewa United 
Baca juga: Dewa United ingin sapu bersih semifinal playoff IBL lawan Satria Muda

Tekad Menuju Gelar Juara

Dewa United Banten telah menunjukkan tekad besar untuk menyapu bersih semifinal Playoff IBL 2024 dengan target dua kemenangan berturut-turut melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. Manajer Tim Dewa United, Zaki Iskandar, mengungkapkan bahwa para pemain telah siap bertempur 100 persen untuk mencapai rekor 2-0 dalam format best of three yang ditetapkan oleh penyelenggara IBL.

"Pemain sudah sangat excited setelah kemenangan di ronde pertama playoff melawan Borneo Hornbills. Kami mau 2-0 dan segera mempersiapkan diri ke final," kata Zaki.

Ia menambahkan bahwa kondisi keseluruhan dari anak asuh Pablo Favarel dalam keadaan bugar tanpa cedera, sehingga mereka siap untuk menjalani semifinal nanti.

Dalam game pertama, Lester Prosper dan kawan-kawan akan bertandang ke markas Satria Muda Pertamina Jakarta di Britama Arena Jakarta pada Kamis (25/7). Pertandingan kedua akan digelar di kandang Dewa United, yaitu Dewa United Arena di Tangerang Banten, pada Sabtu (27/7).

Jika kedua tim memiliki rekor kemenangan yang sama, semifinal akan berlanjut ke pertandingan ketiga untuk menentukan tim yang akan melaju ke final IBL 2024.

Rekor pertemuan Dewa United Banten dan Satria Muda musim ini berimbang pada babak reguler, dengan masing-masing tim mengantongi satu kemenangan. Dewa United berhasil membungkam Satria Muda pada game pembuka IBL 2024 dengan skor 101-92, namun Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan sukses membalas dengan skor 90-75 pada pertemuan kedua.

Dewa United Banten mengakhiri babak reguler IBL 2024 di posisi pertama, meskipun mereka kalah dari Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 75-90 pada pertandingan terakhir di kandang.

Selama melakoni 26 pertandingan, Lester Prosper dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan 48 poin dengan rekor 22 kali kemenangan dan 4 kekalahan. Di peringkat kedua, Dewa United dibuntuti oleh Pelita Jaya Jakarta dengan torehan yang beda tipis, yakni 21 menang dan 5 kalah.

Keberhasilan Dewa United dalam meraih posisi puncak di musim reguler adalah bukti bahwa tim ini memiliki potensi besar untuk meraih gelar juara IBL musim ini. Mereka sering mencetak lebih dari 100 poin dalam satu pertandingan dan memiliki pemain yang dinobatkan sebagai Rookie of the Year 2024, Radithyo Wibowo. Pemain berumur 19 tahun ini berhasil mengalahkan empat kandidat lainnya dengan mengantongi poin EFF tertinggi, yaitu 95 poin.


Baca juga: Pelita Jaya sapu bersih Playoff IBL 2024 putaran pertama


Peran Krusial Lester Prosper

Di tengah kegemilangan performa tim, peran Lester Prosper tidak dapat diabaikan. Pemain naturalisasi Indonesia ini mencatatkan rata-rata poin tertinggi di tiga klasifikasi pemain—lokal, heritage, dan naturalisasi—dalam kompetisi IBL 2024. Dengan rata-rata 17,2 poin per game (ppg), 9,5 rebound per game (rpg), dan 1,5 assist per game (apg) dari total 26 pertandingan di musim reguler, Prosper menjadi pemain paling produktif di liga.

Prosper juga unggul dalam jumlah rebound, mencatatkan rata-rata 7,6 defensive rebound per game, lebih tinggi dibandingkan Tavario Miller yang hanya mencatatkan 5,4 rebound per game. Dengan total 246 rebound sepanjang musim reguler, Prosper menjadi andalan dalam pertahanan Dewa United.

Keberhasilan Dewa United dalam meraih kemenangan sangat bergantung pada performa Prosper. Dalam kekalahan Dewa United di lima laga musim reguler, dua di antaranya terjadi ketika Prosper mencatatkan kurang dari 10 rebound dalam satu pertandingan. Ini menunjukkan betapa pentingnya kontribusi Prosper dalam membantu tim meraih kemenangan.

Sebagai pemain kunci dalam pertahanan dan penyerangan, Lester Prosper memegang salah satu peran kunci dalam upaya Dewa United meraih gelar juara IBL 2024.

Sekali lagi, Dewa United Banten akan menghadapi ujian terbesar mereka di kompetisi IBL 2024 yang belum pernah mereka lalui, yaitu Ronde Kedua Playoff IBL.


Baca juga: Reza Guntara raih Defensive Player Of The Year IBL berturut-turut
Baca juga: Dewa United bungkam Borneo Hornbills pada laga kedua playoff IBL 2024

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024