Jakarta (ANTARA) - NBA telah menyelesaikan kesepakatan kerja sama televisi secara jangka panjangnya yang baru dengan ESPN, The Walt Disney Co., NBC Sports, NBCUniversal, dan Amazon Prime Video menjadi rumah baru bagi pertandingan NBA nasional dimulai tahun 2025 hingga tahun 2036.

Dilaporkan Hollywood Reporter pada Rabu (24/7) waktu setempat, Disney akan tetap menjadi mitra NBA untuk paket “A”, termasuk Final NBA dalam perkiraan sumber kesepakatan sekitar 2,6 miliar dolar AS atau setara Rp42,3 triliun per tahun.

NBA juga menemukan mitra hak asasi baru dalam bentuk NBC Sports, yang akan mendapatkan paket “B” dengan biaya sekitar 2,5 miliar dolar AS  atau setara Rp40, 6 triliun per tahun, dan Amazon untuk paket “C” dengan biaya sekitar 1,8 miliar dolar AS atau setara Rp29,2 triliun per tahun.

“Perjanjian media global baru kami dengan Disney, NBCUniversal dan Amazon akan memaksimalkan jangkauan dan aksesibilitas pertandingan NBA bagi para penggemar di Amerika Serikat dan seluruh dunia,” kata komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: NBA akan lukis slogan "Black Lives Matter" di lapangan Disney

Baca juga: NBA buka peluang lanjutkan musim di Disney World


“Mitra-mitra ini akan mendistribusikan konten kami ke berbagai platform dan membantu mengubah pengalaman penggemar selama dekade berikutnya,” tambahnya.

Kesepakatan baru ini akan membuat ABC dan ESPN menyiarkan lebih dari 80 pertandingan musim reguler, serta 18 pertandingan playoff, dan ABC juga akan menjadi rumah eksklusif Final NBA.

ESPN juga telah mendapatkan hak untuk menyiarkan semua pertandingan NBA pada layanan streaming “unggulan” yang akan datang tahun depan, dan akan dapat melakukan streaming pertandingan NBA tertentu di pasar internasional melalui Disney+.

Disney mengatakan bahwa mereka juga akan menambahkan lebih banyak program studio, dan bermitra dengan NBA untuk membuat “konten khusus” dalam kemitraan dengan Marvel Studios, dengan NBA juga mendapatkan kehadiran khusus di Walt Disney World.

Kesepakatan NBC mencakup 100 pertandingan musim reguler nasional yang dibagi antara NBC dan Peacock, serangkaian pertandingan pascamusim, dan NBA All Star Game.

Adapun kesepakatan NBCU mencakup NBC, Peacock, Telemundo, dan Sky.

NBC juga akan menayangkan pertandingan Bola Basket AS menjelang Olimpiade, dan akan membawakan kembali musik tema ikonik “Roundball Rock”, yang dibuat oleh John Tesh.

Kesepakatan Amazon Prime Video mencakup 66 pertandingan musim reguler, sejumlah pertandingan pascamusim, satu pertandingan Black Friday NBA (yang akan melengkapi adalah pertandingan Black Friday NFL).

Prime Video juga mengamankan semua pertandingan dari Babak Knockout Piala NBA Emirates, termasuk Semifinal dan Final turnamen dalam musim, dan liputan eksklusif dari setiap pertandingan Turnamen Play-In SoFi NBA pascamusim.

Baca juga: Putra sulung LeBron James direkrut oleh LA Lakers melalui NBA Draft

Baca juga: WNBA umumkan lima pemain yang patut diwaspadai musim ini

Baca juga: NBA rayakan Hari Bola Basket Sedunia lewat program menarik

 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024