Toronto, (ANTARA/PRNewswire)- Vale Base Metals Ltd. ("VBM") adalah entitas induk atas bisnis logam transisi energi milik Vale. Hari ini VBM mengumumkan penunjukan Shaun Usmar sebagai Chief Executive Officer. Mr. Usmar akan menjabat mulai akhir tahun ini dan berkantor di Toronto. Beliau akan bertanggung jawab penuh atas manajemen eksekutif bisnis VBM. Dengan pengalaman yang luas dan visi strategis, beliau akan memimpin perusahaan memasuki fase pertumbuhan berikutnya. 

Kata Mark Cutifani, Chairman Vale Base Metals, tentang penunjukan Mr. Usmar , "Setelah proses pencarian menyeluruh di luar perusahaan kami, kami senang sekali menyambut Shaun sebagai CEO VBM. Shaun memiliki rekam jejak yang luar biasa di industri kami. Saya yakin, beliau sangat tepat memimpin perusahaan kami dengan aman selagi kami berupaya mendapatkan potensi nilai signifikan yang diakui dalam sumber daya dan aset kami. Atas nama Dewan Direksi, kami ucapkan selamat kepada Shaun atas pengangkatan beliau sebagai Chief Executive."

Mr. Usmar adalah eksekutif pertambangan internasional yang berpengalaman selama lebih dari 30 tahun di dunia di bidang operasional, keuangan, dan kepemimpinan eksekutif di beberapa perusahaan pertambangan terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia. Sebelum penunjukan ini, Usmar mendirikan Triple Flag, menjabat sebagai Senior Executive Vice President dan Chief Financial Officer di Barrick Gold Corporation pada tahun 2014-2016, di mana beliau membantu restrukturisasi perusahaan.

Beliau juga menduduki jabatan penting di Xstrata setelah bergabung pada tahun 2002 sebagai eksekutif senior dan membantu mengembangkan perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan tambang dengan diversifikasi terbesar di dunia. Di Xstrata, beliau pernah menjabat sebagai General Manager Pengembangan Bisnis di London, Chief Financial Officer untuk bisnis Ferro-Alloys global Xstrata di Afrika Selatan, dan Chief Financial Officer untuk bisnis Nikel global Xstrata di Kanada. Usmar juga bekerja di BHP Billiton di bidang Keuangan Korporat dan pengoperasian dalam industri baja dan aluminium sebagai insinyur produksi.

Tentang jabatan barunya, Mr. Usmar berkata, "Vale Base Metals memiliki posisi yang unik sebagai perusahaan logam transisi energi global yang terfokus dalam menyediakan logam penting yang dibutuhkan bumi ini di masa transisi dari bahan bakar fosil. Saya senang sekali dengan potensi yang ditawarkan oleh Vale Base Metals. Perusahaan ini memiliki kekayaan mineral yang luas, basis profesional berbakat yang mendalam, kemampuan teknologi, dan platform global. Begitu banyak potensi dan peluang untuk memberikan nilai bagi semua pemangku kepentingan melalui portofolio yang memiliki opsi pertumbuhan tertanam, komitmen terhadap inovasi, dan agar perusahaan ini dapat memiliki peran yang tangguh sebagai pemimpin sektor dalam membentuk masa depan industri ini. Dengan latar belakang tersebut, inilah saat yang tepat untuk menjabat sebagai CEO. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan saya menantikan berbagai peluang di masa mendatang serta bekerja sama dengan tim eksekutif yang berbakat, seluruh karyawan dan Dewan Direksi."

Tentang Vale Base Metals:
Vale Base Metals adalah salah satu pemasok terbesar di dunia untuk berbagai bahan penting yang bermutu tinggi, termasuk nikel, tembaga, dan kobalt. Vale Base Metals berkantor pusat di Toronto dan beroperasi di Kanada, Brasil, Inggris, Jepang, serta beberapa perusahaan patungan non operasional di Indonesia. Vale Base Metals berkomitmen untuk secara aman menyediakan dasar-dasar penting bagi masa depan yang lebih bersih, lebih ramah lingkungan, dan lebih aman. 

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi: Vale Base Metals, julio.gama@vale.com, +1 (416) 357-9747; Brunswick Group, ValeBaseMetals@brunswickgroup.com, +44 (0) 20 7404 5959

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024