Manado (ANTARA) -
 
Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Inda Deryanne Hasman melakukan supervisi Mal Pelayanan Publik atau MPP di Manado, mengatakan BPJS Kesehatan sekarang ini sudah hadir lebih cepat dan lebih mudah.
 
"Jadi masyarakat tinggal datang untuk semua pelayanan yang mereka butuhkan termasuk BPJS Kesehatan," sebut Inda selesai melihat aktivitas di MPP, Kamis.
 
Selesai melihat aktivitas pelayanan, Inda mengaku bergembira dan dia berharap  kerja sama BPJS Kesehatan Cabang Utama Manado, pelayan akan semakin lebih baik lagi.
 
"Di sini mereka merasa segala sesuatunya terpadu, cepat dan mudah-mudahan itu memberikan kepada kita kenyamanan bahwa BPJS ada di mana-mana dan hadir untuk kepentingan apapun," katanya menambahkan.
 
Inda mengatakan, saat melakukan supervisi dirinya sempat bercakap-cakap dengan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) setelah mendapatkan layanan di konter BPJS Kesehatan.
 
"Ternyata begitu mudahnya mereka mendapatkan bantuan. Bahkan di sini pun kita akan memperlihatkan bagaimana BPJS Kesehatan bisa memberikan penjelasan online dengan menggunakan handphone seperti Whatsapp atau mobile JKN. Hal ini dapat menjadi sebuah edukasi bagi masyarakat yang belum tahu," katanya lagi.
Dia menyebutkan, ada banyak layanan yang disediakan BPJS Kesehatan di MPP Manado, di antaranya registrasi, pengalihan fasilitas kesehatan atau penambahan dan pengurangan bila usia sudah tidak masuk dalam tanggungan keluarga.
 
"Kita bahkan akan mengedukasi sehingga mereka tahu bahwa dalam hal-hal tertentu mereka bisa melakukan secara mandiri melalui aplikasi-aplikasi yang sudah banyak kami sediakan," ujarnya.
 
Inda juga ingin mendorong keaktifan peserta JKN tidak hanya pada tahapan mengaktivasi, meregistrasi tapi juga merasa penting untuk memperpanjang kepesertaannya.
 
"Jangan sampai tidak aktif, mungkin ada tunggakan dan sebagainya dan diharapkan dengan mereka merasa nyaman mereka merasa perlu menjadi peserta JKN," katanya menambahkan.
 
Hadir bersama Dewas Inda Deryanne Hasman melakukan supervisi di antaranya Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, Deputi Direksi Wilayah X BPJS Kesehatan Octovianus Ramba, Kepala Cabang Utama Manado Betsy Roeroe serta pejabat lainnya.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024