190 stan UMKM menyajikan produk-produk kerajinan, makanan, minuman, fesyen, barang-barang kebutuhan rumah tangga, produk herbal dan kuliner
Bantul (ANTARA) - Ratusan stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meramaikan pameran produk unggulan bertajuk Bantul Creative Expo yang digelar di Pasar Seni Gabusan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 25 Juli sampai 4 Agustus 2024.

"Sebanyak 190 stan UMKM menyajikan produk-produk kerajinan, makanan, minuman, fesyen, barang-barang kebutuhan rumah tangga, produk herbal dan kuliner pada ajang ini," kata Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Fenty Yusdayati pada pembukaan pameran tersebut di Bantul, Kamis.

Selain UMKM, pameran pembangunan dan produk unggulan Bantul itu juga diikuti sebanyak 101 stan yang dikelola Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, stan pemerintah, perbankan, dan UKM mitra binaan pemerintah seperti Dekranasda dan asosiasi UMKM lainnya.

"Kami berharap Bantul Creative Expo 2024 menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk berpromosi dan berinovasi sehingga dapat mendukung Bantul dalam mewujudkan menjadi Kota Kreatif jejaring dunia dan Indonesia, serta meningkatkan produk domestik regional bruto (PDRB) Bantul," katanya.

Menurut dia, pameran produk unggulan kreatif UMKM dan hasil pembangunan daerah ini diramaikan dengan stok sale furniture dan craft export, festival kopi dan kuliner, seminar tentang ekonomi kreatif, kewirausahaan, pemasaran daring, ketenagakerjaan dan pengolahan sampah.

Baca juga: Bantul siapkan rencana aksi restorasi kawasan Gumuk Pasir Parangtritis

Baca juga: Padat karya di Bantul dorong peningkatan ekonomi pedesaan


Kemudian juga ada kurasi produk UMKM yang dilakukan pelaku usaha besar pada 30 Juli sampai 1 Agustus 2024. Bursa kerja dari 11 perusahaan baik ritel, pertambangan, keuangan, dan penempatan luar negeri dengan 2.000 lowongan kerja dari dalam dan luar negeri pada 26 dan 27 Juli 2024.

Selain itu, lanjut dia, akan digelar pentas seni dan hiburan yang diselenggarakan setiap hari selama pameran, dengan harapan dapat memberikan hiburan dan tontonan bagi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung.

"Pentas seni itu antara lain tari tradisional, tari modern, live music seperti akustikan, koes plusan, tari sanggar, lomba anak-anak, festival sirkus dan pasar malam, dan festival seni seniman Bantul," katanya.

Dia mengatakan ikon Bantul Creative Expo 2024 adalah Burung Kayu Yang Siap Terbang dengan Sayap Batik yang Mengepak dan Berbagai Warna, yang melambangkan Bantul dengan ajang tersebut siap terbang lebih mendunia menuju bagian dari jejaring kota kreatif dunia.

"Ini memberikan energi positif bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantul untuk bahu-membahu menuju Bantul City of Crafts and Folk Art," katanya.

Baca juga: Gumuk Pasir Parangtritis bakal dinilai untuk menjadi Geopark Nasional

Baca juga: Bantul dan TNI AL wujudkan ketahanan pangan dukung petani lahan pasir


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024