Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi Rabu (24//7) kemarin, dan dapat dibaca kembali pada hari ini.

Berita diawali dengan perintah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) untuk menarik roti bermerek Okko hingga ajakan Presiden RI Joko Widodo untuk melestarikan kebaya sebagai bagian dari kebudayaan bangsa.

1. BPOM perintahkan tarik roti merek Okko dari pasaran

BPOM RI memerintahkan penarikan produk roti bermerek Okko dari pasaran usai temuan unsur natrium dehidroasetat sebagai bahan tambahan pangan pada produk tersebut.

"Terhadap temuan ini, BPOM memerintahkan produsen roti Okko untuk menarik produk dari peredaran, memusnahkan, dan melaporkan hasilnya kepada BPOM," demikian petikan keterangan resmi BPOM.

2. 400 pelajar Makassar tampilkan Tari Harmoni Nusantara di pembukaan F8

Sebanyak 400 pelajar se-Kota Makassar menampilkan Tari Harmoni Nusantara yang memukau para tamu undangan dan pengunjung saat pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8).

"Tari Harmoni Nusantara adalah salah satu penampilan dari segmen Folks di F8. Menggabungkan tarian tradisional dari seluruh Indonesia, pertunjukan ini menggambarkan kekayaan dan keragaman tarian Indonesia," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

3. Enam heli dikerahkan untuk padamkan api karhutla 1.073 hektare di Riau

Sebanyak enam unit helikopter water boombing atau penyiraman air dari udara dikerahkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat upaya memadaman api kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

"Satu unit baru ditambah hari ini sehingga total enam unit helikopter yang sedang beroperasi penyiraman air dari udara," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jin Gafur.

4. BPOM tidak menemukan unsur natrium dehidroasetat di Roti Aoka

BPOM menyatakan roti merek Aoka produksi PT Indonesia Bakery Family, Bandung, Jawa Barat, tidak mengandung unsur natrium dehidroasetat yang berbahaya bagi kesehatan konsumen.

"Hasil pengujian menunjukkan produk tidak mengandung natrium dehidroasetat," demikian petikan pernyataan BPOM.

5. Presiden ajak masyarakat Indonesia lestarikan kebaya agar tetap hidup

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk melestarikan kebaya sebagai bagian dari kebudayaan bangsa agar tetap hidup, pada peringatan Hari Kebaya Nasional.

"Saya bersama Ibu Iriana mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai kebaya sebagai bagian dari budaya kita," dalam keterangan foto yang diunggah melalui akun media sosial Presiden Jokowi.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024