Event yang telah terlaksana sejak 2016 ini terus menunjukkan kualitasnya dari tahun ke tahun.
Makassar (ANTARA) -
Sejumlah perwakilan negara menghadiri pembukaan Makassar Internasional Eight Festival dan Forum atau F8 Makassar yang menampilkan berbagai pentas seni dan budaya di Kawasan Pantai Losari Makassar, Rabu malam.
 
Perwakilan negara yang hadir seperti Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Filipina, Jepang, Australia, Jerman, Prancis, Hongkong, Brunei Darussalam, India, dan Paris.
 
Pada kesempatan ini, perwakilan negara juga berasal dari Konsulat Jenderal (Konjen) yang ada di Indonesia, seperti Konjen Amerika Serikat dari Surabaya dan Konjen Australia di Makassar.
 
Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakhrulloh pada pembukaan F8 mengajak para tamu mancanegara dan domestik ikut menumbuhkan perekonomian Kota Makassar melalui F8.

"Semua investor dari luar negeri silahkan berinvestasi di Makassar. Dari luar Sulsel, mari belanjakan di F8 Makassar agar tumbuh dua digit ekonomi," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Makassar perkenalkan potensi wisata bahari ke tamu asing
Baca juga: Wali Kota Makassar mengapresiasi dukungan internasional terhadap F8
 
Pada pembukaan F8 ini, Christoper Green selaku Konsul Jenderal Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya juga ikut membuka kegiatan yang telah tercatat menjadi Kharisma Event Nusantara (KEN) ke lima kalinya tersebut.
 
Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI Restog Krisna Kisuma mengakui bahwa event yang telah terlaksana sejak 2016 ini terus menunjukkan kualitasnya dari tahun ke tahun.
 
Restog juga memberikan apresiasi kepada Wali Kota Makassar serta semua pihak yang terlibat dalam memajukan ekonomi kreatif di Kota Makassar.
 
Dia menguraikan kualitas F8 Makassar terbukti dengan prestasinya yang berhasil masuk dalam Top 10 event Pariwisata Nasional selama lima tahun belakang ini.
 
"F8 masuk Top Ten, berbeda dari 110 Top KEN lainnya," ujar dia.
 
Restog pun menilai selama lima tahun ini, kualitas F8 Makassar semakin baik. Kota atau Kabupaten lain diluar Sulsel, kata dia, mesti mencotoh kreatifitas F8 Makassar dalam memacu ekonomi.
 
"F8 bisa menjadi contoh brand yang cerdas untuk setiap daerah, tidak hanya di Sulawesi Selatan," ujarnya.
 
Dia pun menekankan pentingnya kehadiran event-event seperti F8 di Indonesia untuk mendorong pergerakan ekonomi, meningkatkan moralitas, dan kepercayaan diri masyarakat dari seluruh Indonesia.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024