Jakarta (ANTARA) - Dalam Islam, ada banyak doa yang dianjurkan untuk dibaca dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk ketika masuk dan keluar rumah. melafalkan doa-doa bukan sekadar ibadah, namun juga sebagai cara untuk memohon perlindungan dan berkah dari Allah SWT.

Saat memasuki rumah, kita dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tersebut dilimpahi berkah dan dijauhkan dari gangguan setan. Doa yang bisa dibaca adalah:

Doa Ketika Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

Dengan memanjatkan doa ini, seorang Muslim memohon agar rumah yang dihuni menjadi tempat yang penuh kedamaian dan dilindungi dari hal-hal negatif. Selain itu, doa ini juga mengingatkan untuk selalu bergantung kepada Allah Swt dalam setiap langkah yang dijalani.

Selain saat masuk rumah, sangat dianjurkan juga kepada seorang Muslim untuk membaca Doa saat hendak meninggalkan atau keluar rumah agar diberikan perlindungan dan petunjuk dalam aktivitas di luar rumah. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

Baca juga: Doa mau tidur dan bangun tidur dalam Islam

Baca juga: Doa setelah mimpi buruk, dibaca untuk meminta perlindungan Allah


Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."

Doa ini juga berguna untuk mengingatkan bahwa segala usaha dan perlindungan hanya berasal dari Allah Swt. Dengan membaca doa ini, seorang Muslim berharap agar aktivitasnya di luar rumah berjalan lancar dan selalu dalam lindungan-Nya.

Selain berdoa, masuk ke rumah maupun keluar rumah juga ada adabnya dalam ajaran Islam. Berikut ini adab-adab masuk rumah dan keluar rumah.

Adab masuk rumah:

1. Ketuk pintu dan jangan terlalu keras.
2. Ucapkan salam.
3. Membaca doa masuk rumah.
4. Masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Adab keluar rumah:

1. Ucapkan salam.
2. Membaca doa keluar rumah.
3. Keluar dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Mengamalkan adab dan doa-doa dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk ketundukan seorang Muslim kepada Allah SWT dan juga bentuk pengakuan bahwa segala sesuatu berada dalam kuasa-Nya. Selain itu, doa-doa ini juga membawa ketenangan hati dan pikiran, karena dapat menyadarkan bahwa hidup dan segala aktivitas yang dilakukan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Baca juga: Doa setelah mandi wajib, beserta tulisan arab, latin dan artinya

Baca juga: Doa saat bercermin

Baca juga: Doa saat masuk dan keluar kamar mandi

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024