“PhotoEx merupakan pengambilan gambar atau foto dari helikopter yang membentuk susunan berbagai kapal perang peserta Latma Rimpac 2024. Berbagai jenis kapal perang mulai dari aircraft carrier, destroyer, cruiser, dan frigate turut berpartisipasi dala
Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Republik Indonesia KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331 mengikuti latihan formasi untuk foto udara (PhotoEx) bersama kapal-kapal perang dari berbagai negara dalam Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) 2024 di Samudera Pasifik.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada II TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan latihan itu, yang berlangsung Selasa (23/7), dipimpin oleh kapal induk Amerika Serikat USS Carl Vinson.

“PhotoEx merupakan pengambilan gambar atau foto dari helikopter yang membentuk susunan berbagai kapal perang peserta Latma Rimpac 2024. Berbagai jenis kapal perang mulai dari aircraft carrier, destroyer, cruiser, dan frigate turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kata Kadispen Koarmada II.

Dalam latihan itu, KRI REM-331, yang dipimpin oleh Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S, berada dalam formasi ketiga. Latihan itu merupakan bagian dari fase laut (sea phase) Latma Rimpac 2024, yang dijadwalkan berakhir pada 30 Juli 2024.

KRI REM-331, yang dipimpin oleh Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S, sejak minggu lalu mengikuti latihan fase laut Latma Rimpac 2024 di perairan sekitar Hawaii dan Samudera Pasifik. Kapal perang RI itu bakal berlatih di laut selama 3 minggu nonstop bersama kapal-kapal perang dari berbagai negara peserta.

Rangkaian latihan yang bakal diikuti kapal-kapal itu selama berlayar, diantaranya latihan pertahanan udara dari serangan rudal (RaidEx), Casex atau latihan anti-kapal selam, latihan pembekalan di laut (UNREP), latihan keamanan laut VBSS (MSOEX), DCA atau latihan operasi lawan udara defensif, latihan formasi untuk foto udara (PhotoEx), dan tahap taktis. Kapal-kapal yang tergabung dalam Latma Rimpac 2024 juga bakal menjalani skenario menghadapi serangan (OPFOR).

Latma Rimpac merupakan latihan yang rutin digelar tiap dua tahun sekali oleh Komando Indo-Pasifik Angkatan Laut AS. Latihan itu sejauh ini masih menjadi latihan militer terbesar di dunia yang digelar oleh Angkatan Bersenjata AS.

Untuk tahun ini, Latma Rimpac 2024 melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit dari angkatan laut berbagai negara.

Latma Rimpac 2024 diikuti total 29 negara, yaitu AS sebagai tuan rumah, Indonesia, Australia, Belgia, Brasil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Prancis.

Kemudian, ada juga Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Langka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latma Rimpac 2024 dijadwalkan berakhir pada 2 Agustus 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024