Jakarta (ANTARA) -
Pebasket Dewa United Banten Lester Prosper mencetak rata-rata (average) poin tertinggi di tiga klasifikasi pemain atau di antara pemain lokal, heritage (keturunan Indonesia), dan naturalisasi yang bermain di Indonesian Basketball League (IBL) 2024.
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, pemain naturalisasi Indonesia itu membukukan 17,2 poin per gim (ppg), serta 9,5 rebound per gim (rpg), dan 1,5 assist per gim (apg) dari total 26 pertandingan dalam babak reguler musim ini.
 
Statistik itu membuat Prosper menjadi pemain yang paling produktif di liga, berdasarkan tiga kategori tersebut.

Baca juga: Pekan ke-11 IBL 2024, Prosper versus Jawato untuk pertama kali
 
Pemain setinggi 2,09 meter itu berhasil mengalahkan pemain heritage asal RANS Simba Bogor, Devon Van Oostrum, yang berada di urutan kedua dengan 15,2 ppg.
 
Untuk peringkat ketiga, peraih gelar Most Valuable Player (MVP) Lokal IBL Awards 2024 sekaligus guard andalan Satria Muda Pertamina Jakarta, Abraham Damar Grahita, berhasil membukukan 14,2 ppg.
 
Sementara itu, untuk total poin keseluruhan selama babak reguler musim ini, berdasarkan pemain lokal, heritage (keturunan Indonesia), dan naturalisasi yang bermain di IBL, Prosper berhasil mengumpulkan 447 poin atau juga terbanyak di antara tiga klasifikasi pemain tersebut.
 
Jumlah poin itu menempatkan pemain berumur 35 tahun tersebut di urutan ke-10 dari daftar pencapaian total poin secara keseluruhan klasifikasi pemain di liga musim ini.
Pebasket Dewa United Banten Lester Prosper (kanan) berebut bola dengan pebasket Borneo Hornbills Steve Taylor Jr (kedua kiri) dalam pertandingan babak Playoffs Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di Dewa United Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (21/7/2024). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/foc. (ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Baca juga: Lester Prosper tak puas dengan 42 poin dan 10 kemenangan Dewa United
 
Dewa United Banten menjadi tim IBL pertama yang memakai jasa Prosper yang berumur 35 tahun.
 
Selama membela klub kebanggaan warga Banten, dia pernah mencetak rekor poin tertinggi dalam satu pertandingan.
 
Pebasket kelahiran 21 September 1988 itu berhasil mencetak 42 poin, saat Dewa United menang 113-81 atas Bali United Basketball.
 
Dengan produktivitasnya, fan meyakini jika Prosper bisa menjadi salah satu pemain yang paling diincar dalam bursa transfer setelah musim playoff berakhir.

Baca juga: Dewa United sambut pekan ke-11 IBL 2024 dengan rekor tak terkalahkan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024