Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi dukungan internasional terhadap kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang digelarnya sejak 2016 hingga 2024.

"F8 Makassar telah dimulai sejak 2016 dan hingga 2024 ini pelaksanaannya dukungan dari negara sahabat melalui konsulat jenderal begitu besar terhadap kesuksesan event tahunan kita ini," ujarnya saat pembukaan F8 Makassar, Rabu.

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan ada sekitar 18 perwakilan dari negara sahabat yang memberikan dukungan dan ambil bagian dalam F8 tersebut.

Diantaranya, delegasi dari Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Filipina, Polandia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, Brunei Darussalam dan Hongkong,

"Perwakilan dari negara-negara sahabat ini selalu mendukung kita dalam berbagai kegiatan dan kehadiran mereka juga banyak membawa manfaat untuk Kota Makassar yakni dalam bidang investasi," katanya.

Ia pun berharap kedepannya nanti masih akan bertambah lagi perwakilan dari negara-negara besar di dunia melirik Kota Makassar untuk menanamkan investasinya.

Selain itu, Danny juga menjamu para delegasi negara sahabat dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail bersama Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dan Ketua TP PKK Sulsel Ninuk Triyanti Zudan.

Selain tetamu dari negara sahabat, hadir Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Restog Krisna Kusuma yang mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Dua Kapal Pinisi berlayar di Pantai Losari. Para delegasi tampak begitu menikmati keindahan laut Kota Makassar sembari menyeruput teh dan juga kopi.

Usai berlayar menggunakan Kapal Pinisi, Danny Pomanto mengajak para tamu menikmati aneka kuliner khas Makassar Sulawesi Selatan sekaligus memperkenalkan branding Kota Makan Enak.

Sailing Kapal Pinisi ini juga menjadi bagian dari wujud Makassar Kota Festival Tepian Air yang baru saja di branding. Melengkapi branding Kota Makan Enak.

"F8 menjadi wujud nyata Makassar Kota Festival Tepian Air," ucapnya.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024