Jakarta (ANTARA) - Gol larut dari Cristian Medina menyelamatkan Timnas Argentina U-23 dari kekalahan setelah memaksakan hasil imbang 2-2 dari Timnas Maroko U-23 pada pertandingan perdana Grup B Olimpiade 2024 Paris di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Rabu waktu setempat.

Pada pertandingan ini, Maroko sempat unggul terlebih dahulu lewat dua gol Sofiane Rahimi, namun skuad asuhan Javier Mascherano dapat menyamakan kedudukan lewat Giuliano Simeone, lalu Cristian Medina pada waktu tambahan babak kedua, demikian catatan Olimpiade 2024.

Berkat hasil ini kedua negara masih berada di dua posisi teratas Grup B cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade 2024 Paris, karena dua negara lainnya yaitu Irak dan Ukraina masih akan bertemu satu sama lain, malam nanti.

Pada babak pertama, Argentina dan Maroko saling melancarkan serangan, akan tetapi pada 20 menit pertama jalannya laga belum ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua negara.

Baca juga: Deretan bintang sepak bola yang akan bermain di Olimpiade 2024

Maroko menciptakan peluang emas terlebih dahulu ketika pemain sayap Ilias Akhomach dapat melepaskan tendangan dari jarak yang cukup ideal, akan tetapi bola masih menyamping dari gawang Argentina.

Argentina berbalik memberikan ancaman melalui upaya yang dilakukan oleh pemain senior Nicolas Otamendi, akan tetapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Maroko.

Ketika waktu tambahan babak kedua, Maroko sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah umpan dari Bilal El Khannouss dapat dikonversikan menjadi gol oleh Sofiane Rahimi sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 45+2. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Maroko kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan kembali mendapatkan peluang emas setelah dihadiahi tendangan penalti karena bek sayap Argentina Julio Cesar Soler Barreto melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Penyerang Maroko Sofiane Rahim yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya ke sudut kiri bawah gawang Argentina tak dapat dijangkau kiper Geronimo Rulli sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit 51.

Baca juga: 1.000 polisi Prancis amankan laga sepak bola Olimpiade Israel vs Mali

Tertinggal dua gol, Argentina berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, akan tetapi kembali mendapatkan ancaman lewat tendangan Sofiane Rahim, namun kali ini dapat diamankan oleh Rulli.

Argentina akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit 68 melalui gol yang dicetak pemain pengganti Giuliano Simeone yang yang tak dapat dibendung kiper Maroko Munir El Kajoui sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Mampu memperkecil ketertinggalannya, Argentina semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat sundulan Bruno Amione, akan tetapi bola dapat dihalau oleh El Kajoui.

Selanjutnya giliran Julian Alvarez yang memberikan ancaman ke gawang Maroko setelah pemain Manchester City tersebut melepaskan tendangan mendatar, namun kembali dapat diamankan El Kajoui.

Gol penyamakan kedudukan Argentina akhirnya lahir pada menit 90+16 melalui gol yang dicetak oleh Cristian Medina memanfaatkan bola muntah di depan gawang Maroko sehingga skor berubah menjadi 2-2. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.

Selanjutnya Argentina akan melakoni partai kedua Grup B Olimpiade Paris 2024 menghadapi Irak di Stadion Lyon, Lyon, Sabtu (27/7), sedangkan Maroko Maroko berjumpa Ukraina di Stadion Geoffroy-Guichard, St-Etienne, pada hari yang sama.

Baca juga: Timnas Jepang tidak gunakan pemain senior untuk tampil di Olimpiade

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024