Jakarta (ANTARA) -
Pebasket Borneo Hornbills Basketball Michael Rashad Qualls menjadi pemain paling produktif pada musim reguler Indonesian Basketball League (IBL) 2024 dengan rata-rata (average) 28 poin per gim (ppg).
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, pemain berumur 30 tahun itu mengalahkan Kentrell Debarus Barkley dari Kesatria Bengawan Solo, yang memiliki average 24,7 ppg.
 
Pemain lain yang berada di urutan ketiga sampai kelima, yaitu Jordan Adams dari Dewa United Banten (24 ppg), Tyree Robinson asal Satya Wacana Salatiga (24 ppg), dan peringkat kelima ditempati pemain asal Rajawali Medan, yakni Patrick McGlynn IV yang membukukan 22,9 ppg.
 
Namun, untuk daftar total poin selama babak reguler, pemain setinggi 1,96 meter itu berada di urutan keempat dengan 559 poin. Qualls justru dikalahkan Kentrell Barkley yang menempati peringkat pertama dengan 641 poin, sehingga terpaut 82 poin.
 
Tetapi, bila dibandingkan berdasarkan jumlah pertandingan yang dilakoni antara keduanya, Barkley telah bermain sebanyak 25 laga babak reguler musim ini. Sedangkan Qualls hanya 20 pertandingan.
 
Oleh sebab itu, jika Qualls memiliki jumlah pertandingan yang sama dengan Barkley, kemungkinan pemain asal Amerika Serikat itu bisa lebih unggul.
 
Michael Qualls datang ke Borneo Hornbills sebagai pengganti Travion Leonard. Borneo melakukan pergantian pemain asing setelah Leonard bermain enam pertandingan dengan kontribusi rata-rata hanya 10,5 ppg, 12,8 rebound per gim (rpg), 2,8 assist per gim (apg), dan 1,8 steal per gim (spg).
 
Baca juga: Dewa United ingin sapu bersih semifinal playoff IBL lawan Satria Muda

Pemain kelahiran 20 Januari 1994 itu melakukan debut di IBL pada 2 Maret. Sejak saat itu dia menjadi sensasi baru di liga bola basket kasta tertinggi di Indonesia itu.
 
Selama bermain untuk klub tersebut, Qualls bisa melakukan penetrasi cepat ke paint area, akurasi tembakan jarak jauh yang bagus, serta kecepatan untuk melakukan fast-break.
​​​
Semuanya memberikan Borneo dorongan untuk bisa mengunci tiket playoff, setelah menjalani 20 pertandingan di musim reguler, dengan Qualls yang berkontribusi dalam 11 kemenangan Borneo di musim reguler.

Namun, dia belum berhasil membawa timnya melaju ke semifinal playoff IBL 2024 karena harus mengakui keperkasaan Dewa United Banten.
 
Sosok pemain bernomor punggung 24 itu juga sangat dicintai penggemar karena kerap menunjukkan kecintaannya terhadap keluarga saat di lapangan.
 
Dia dinilai fan sebagai figur yang bisa dicontoh oleh para pemain lokal Borneo yang lain, khususnya bagi rekannya yang sudah berkeluarga.

Baca juga: Pelita Jaya sapu bersih Playoff IBL 2024 putaran pertama
Baca juga: Reza Guntara raih Defensive Player Of The Year IBL berturut-turut

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024