Jakarta (ANTARA) - Sudahkah Anda mengecek nama Anda apakah termasuk sebagai penerima bantuan sosial atau bansos? Untuk cek, Anda bisa melakukannya menggunakan ponsel dan nomor NIK KTP.

Cara memeriksa data penerima bansos secara online menggunakan ponsel atau laptop dengan NIK KTP tentu mempermudah Anda untuk memperoleh informasi lengkap mengenai pembagian bantuan sosial.

Bagi pemerintah, dengan adanya layanan ini, dapat lebih efisien dalam mengelola bantuan sosial dan memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

Bansos dapat Anda periksa atau cek melalui situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam situs tersebut, Anda dapat melihat apakah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan menjadi penerima manfaat (PM).

Berikut ini cara mudah untuk periksa nama Anda, menggunakan perangkat HP laptop dengan nomor NIK KTP:

Cara cek bansos Kemensos:

1. Langkah pertama, Anda perlu masuk atau membuka situs https://cekbansos.kemensos.go.id/ menggunakan browser di HP atau laptop.
2. Selanjutnya, Anda masukan nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan tempat Anda tinggal.
3. Setelah memasukkan data tempat tinggal, Anda memasukkan nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
4. Selanjutnya, ikuti 4 huruf kode captcha yang tertera dalam kotak. Jika Anda gagal atau terlalu sulit anda bisa menekan ikon repeat untuk mengganti kode baru.
5. Kemudian Anda tekan tombol pilih ‘Cari Data’.
6. Jika terdaftar dalam bantuan sosial, nama Anda akan muncul sebagai penerima manfaat (PM). Terdiri dari nama, usia, dan berbagai bantuan yang sudah maupun yang akan diperoleh.
7. Jika nama Anda tidak terdaftar, akan muncul keterangan ‘Tidak Terdapat Peserta / PM’. Dan jika Anda terdaftar,

Baca juga: Pengertian bansos, jenis dan tujuannya

Baca juga: DKI distribusi bansos bagi belasan ribu penerima baru di Jakbar

Baca juga: Dana bansos PKH di NTB sudah tersalurkan Rp450,94 miliar
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024