Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendapatkan kunjungan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka untuk membahas transformasi digital yang saat ini berlangsung di Indonesia.

Budi menyambut baik kunjungan Wapres terpilih dan menyatakan komitmennya untuk terus bekerja keras dalam mengembangkan sektor teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia mendukung program dari pemerintah pusat.

"Kami siap mendukung berbagai program dan inisiatif yang akan dijalankan oleh pemerintahan baru untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia," kata Budi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemenkominfo ungkap transformasi digital berpeluang cetak pangsa pasar

Baca juga: Menkominfo : Tambahan anggaran 2025 untuk transformasi digital


Pertemuan itu turut diikuti oleh jajaran pejabat tinggi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) termasuk di dalamnya adalah Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria.

Wapres Terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka dalam pertemuan itu membahas pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengakselerasi transformasi digital di seluruh pelosok negeri.

Maka dari itu bersama Menkominfo, Gibran mengupas langkah-langkah strategis untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, termasuk pengembangan infrastruktur digital dan peningkatan literasi digital masyarakat.

Keamanan siber juga dibahas dalam kesempatan itu. Upaya peningkatan keamanan siber untuk melindungi data dan informasi penting dari ancaman siber.

Tak lupa, kedua pejabat publik itu turut membahas tentang pengembangan ekonomi digital, termasuk dukungan terhadap startup dan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing.

Di samping itu, Gibran turut mengutarakan perhatiannya terhadap regulasi dan kebijakan yang mendukung inovasi teknologi serta perlindungan data pribadi.

Ia tidak lupa menyampaikan apresiasi atas kerja keras Kementerian Kominfo dalam mendorong transformasi digital di Indonesia.

Ia juga menekankan komitmennya untuk mendukung berbagai inisiatif yang telah dan akan dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

"Transformasi digital adalah kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi. Saya berharap sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing," ujar Gibran.

Baca juga: Menkominfo pastikan VID 2045 berlanjut di pemerintahan mendatang

Baca juga: Menkominfo pastikan percepatan dan pemerataan internet bisa beriringan

Baca juga: Kemenkominfo gandeng perusahaan teknologi genapi transformasi digital


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024