Magelang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggandeng kelompok seni untuk menyosialisasikan Pilkada 2024, guna menjaga dan meningkatkan angka partisipasi pemilih.

"Dengan menggandeng sejumlah kelompok seni untuk sosialisasi tentang pilkada dan mengenalkan tentang Maskot Si Randu ke 21 kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang," kata anggota KPU Kabupaten Magelang Yohanes Bagyo Harsono di Magelang, Rabu.

Ia menyebutkan, ada tujuh kelompok seni yang digandeng untuk kegiatan sosialisasi ke 21 kecamatan tersebut, meliputi kelompok seni Putro Siswo, Mekar Budoyo, Sabdo Utomo, Pesona Abhirama, Warga Setuju, Amukti dan Setya Muda.

"Selama tiga bulan mulai Agustus hingga Oktober mendatang, mereka akan bergantian mengirap maskot Pilkada Magelang, Si Randu," katanya.

Mereka akan pentas di 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. Bersama dengan PPK dan PPS, mereka akan menjelaskan soal tahapan pilkada dan mengenalkan maskot Si Randu serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Rabu Pon, 27 November 2024.

Selain menggandeng kelompok seni, sebelumnya pihaknya juga sudah mengajak Masyarakat Anti Fitnah dan Hoaks Indonesia (Mafindo) Magelang Raya, untuk bersama-sama meminimalisir kampanye hitam, fitnah dan hoaks kepada penyelenggara khususnya PPK.

Ke depan, Mafindo juga akan diajak keliling ke 30 sekolahan dan universitas melalui program KPU Goes to school dan Goes to campus.

"Untuk program KPU Goes to school dan Goes to campus, juga akan dimulai Agustus hingga Oktober mendatang. Selain dua program ini, kami juga baru saja memulai lomba videografi untuk kategori pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum, dengan tema Sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2024. Untuk lomba video ini, syarat dan ketentuan dapat dilihat di website dan medsos KPU Kabupaten Magelang," katanya.

Baca juga: KPU rampungkan 99,89 persen coklit pemilih Pilkada jelang penutupan
Baca juga: Presiden Jokowi miliki hak suara di Pilkada DKI November 2024
Baca juga: Partai Buruh dan Gelora minta MK percepat putus uji materi UU Pilkada

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024