Ke depan Pos Indonesia menjadi logistic company. Kami disiapkan menjadi Holding Logistik. Pos Indonesia shifting dari networking ke logistic company
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan bahwa perusahaannya bersiap menjadi Holding Logistik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Ke depan Pos Indonesia menjadi logistic company. Kami disiapkan menjadi Holding Logistik. Pos Indonesia shifting dari networking ke logistic company," ujar Faizal dalam acara "Indonesia Brand Forum (IBF) 2024 bertajuk BUMN Soko Guru Indonesia Maju: Menuju Indonesia Emas 2045" di Jakarta, Rabu.

Faizal menyebutkan ke depannya Pos Indonesia fokus menjadi perusahaan logistik.

Menurutnya, saat ini Pos Indonesia sedang dalam proses transformasi menuju perusahaan logistik, setelah sebelumnya sukses bertransformasi dari network company ke platform company.

Selain bertransformasi, Pos Indonesia juga ditetapkan menjadi PMO (Project Management Officer) untuk Klaster Logistik BUMN, sebelum nantinya menjadi Holding Logistik BUMN.

Baca juga: Fauzi Baadilla diangkat jadi komisaris Pos Indonesia

Baca juga: Pos Indonesia dorong UMKM naik kelas lewat "PosAja UMKM Fest 2024"


"Melalui pembentukan BUMN Klaster Logistik, terdapat potensi terbentuknya layanan logistik secara end-to-end yang dimiliki oleh anggota Klaster BUMN Logistik, sehingga menjadi keunggulan kompetitif untuk memperkuat posisi layanan BUMN dalam pasar logistik nasional," katanya.

Lebih lanjut, Faizal menyampaikan, dengan adanya Holding Logistik diharapkan ongkos logistik menjadi lebih efisien.

Menurutnya, saat ini biaya logistik Indonesia masih tergolong tinggi dibandingkan negara lain. Indonesia berada di angka 14 persen untuk biaya logistik nasional, sementara rata-rata negara di dunia hanya berada di angka 12 persen.

Faizal berharap bahwa pondasi yang telah diletakkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir akan terus berlanjut untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Erick Thohir dorong BUMN bermitra dengan swasta dan UMKM

Baca juga: PT Pos populerkan prangko Indonesia di mata dunia melalui pameran

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024