"Lima kategori buku terpopuler adalah novel, komik, buku anak-anak dan remaja, perjalanan, dan sastra..."
Hong Kong (ANTARA) - Pameran Buku Hong Kong (Hong Kong Book Fair) ke-34, yang diselenggarakan oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (Hong Kong Trade Development Council/HKTDC), berakhir pada Selasa (23/7), dengan akumulasi 990.000 kunjungan.

Pameran buku tersebut melanjutkan tradisinya untuk menyatukan berbagai lapisan masyarakat melalui literatur, dengan seminar-seminar yang meraih popularitas luar biasa dan menarik banyak pengunjung dari China Daratan untuk berpartisipasi, kata Deputi Direktur Eksekutif HKTDC Sophia Chong.

Selama pameran tersebut, pihak penyelenggara menugaskan lembaga penelitian untuk mewawancarai lebih dari 820 pengunjung guna menganalisis kebiasaan membaca dan pilihan konsumsi para penggemar buku, yang hasilnya mencerminkan daya tarik Hong Kong Book Fair sebagai platform promosi dan penjualan yang penting bagi industri penerbitan.

Survei tersebut menunjukkan bahwa rata-rata dana yang dibelanjakan oleh para responden pada pameran buku tahun ini mencapai 912 dolar Hong Kong atau 116,81 dolar AS, naik tipis sebesar 4,6 persen dari tahun lalu dan menyumbang 74 persen dari rata-rata pengeluaran untuk buku-buku cetak sepanjang tahun.

Lima kategori buku terpopuler adalah novel, komik, buku anak-anak dan remaja, perjalanan, dan sastra, menurut hasil survei tersebut. Sementara itu, sekitar 55 persen responden mengatakan bahwa tujuan utama mereka datang ke pameran buku itu adalah "untuk membeli buku-buku terbaru," yang disusul oleh "menikmati diskon buku" dan "merasakan suasana budaya pameran buku internasional."

Hong Kong Book Fair diselenggarakan bersamaan dengan HKTDC Sports and Leisure Expo dan HKTDC World of Snacks, dengan sekitar 760 ekshibitor berpartisipasi dalam ketiga pameran tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024