"Sumur bor ini tidak hanya akan menyediakan air bersih bagi masyarakat yang terdampak, tetapi juga akan menjadi batu loncatan untuk membangun ketahanan di tengah kekeringan yang disebabkan oleh El Nino saat ini, serta menyelamatkan ternak kami yang j
Harare (ANTARA) - Sebanyak 300 sumur bor akan dibor di empat provinsi di Zimbabwe di bawah proyek pengeboran sumur bor bantuan China yang diluncurkan pada Senin (22/7) di Mahusekwa, sebuah daerah di Provinsi Mashonaland Timur.

Inisiatif pengeboran sumur bor ini dilakukan setelah Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa pada 3 Maret lalu mengumumkan status keadaan bencana akibat kekeringan yang disebabkan oleh El Nino yang melanda negara itu.

Berbicara pada acara peluncuran tersebut, Menteri Perumahan Nasional dan Fasilitas Sosial Zimbabwe Daniel Garwe mengatakan bahwa inisiatif itu akan memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat di distrik-distrik yang terdampak parah akibat kekeringan di provinsi Mashonaland Timur, Manicaland, Masvingo, dan Midlands.

"Proyek pengeboran sumur bor bantuan China ini merupakan simbol kerja sama, kepedulian, dan dukungan setia dari sahabat kami dalam segala kondisi, Republik Rakyat China, untuk memastikan akses air bersih bagi seluruh rakyat Zimbabwe," kata Garwe.

Dia mengatakan bahwa proyek tersebut, yang akan dilaksanakan oleh China Geo-Engineering Corporation, akan sangat membantu dalam mengurangi sejumlah masalah terkait air di empat provinsi tersebut.

"Sumur bor ini tidak hanya akan menyediakan air bersih bagi masyarakat yang terdampak, tetapi juga akan menjadi batu loncatan untuk membangun ketahanan di tengah kekeringan yang disebabkan oleh El Nino saat ini, serta menyelamatkan ternak kami yang juga sangat membutuhkan air," katanya.
 
   Selain itu, Garwe mengatakan bahwa proyek ini akan berdampak lebih jauh dengan membekali penduduk setempat dengan keterampilan teknis yang diperlukan untuk memelihara dan mengelola sumur bor tersebut


Dalam upacara tersebut, Duta Besar China untuk Zimbabwe Zhou Ding mengatakan bahwa proyek itu merupakan bukti lain dari persahabatan yang mendalam antara Zimbabwe dan China.

"Saya berharap sumur bor yang didukung oleh China Aid akan membantu memadamkan 'api kekeringan' bagi teman-teman kami di Zimbabwe," kata Zhou, seraya menambahkan bahwa selama 10 tahun terakhir, China telah mengebor lebih dari 1.000 sumur bor di seluruh Zimbabwe, memberikan akses air bersih dan irigasi yang mudah bagi sekitar 400.000 orang.

Penduduk desa setempat di Mahusekwa, tempat sumur bor pertama dibor setelah upacara peluncuran tersebut, menyambut baik inisiatif ini. Mereka mengatakan bahwa dengan adanya akses air di dekat rumah, kehidupan mereka akan menjadi lebih mudah.

"Kami sangat berterima kasih kepada sahabat-sahabat China kami, mereka adalah sahabat-sahabat yang penuh kasih yang meningkatkan persahabatan kami dengan inisiatif ini," kata Tatenda Chimbwanda, seorang penduduk desa dari Mahusekwa. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024