Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) di sektor pangan untuk memenuhi standar mutu dan keamanan guna memperkuat daya saing, serta memperluas pasar ekspor.
 
"Untuk dapat bersaing baik di pasar domestik maupun internasional, IKM pangan perlu memperhatikan keamanan pangan dalam semua aspek produksi mereka. Keamanan pangan menjadi poin penting dalam industri pangan baik untuk pemasaran di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita di Jakarta, Rabu.
 
Dirinya mengatakan standar mutu dan keamanan yang mesti dimiliki oleh pelaku IKM pangan guna memperluas pasar ekspor, yakni Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), serta Hazard analysis and critical control points (HACCP).
 
Standardisasi tersebut mencakup pemilihan bahan baku, praktik produksi yang higienis, pemantauan, pengendalian mutu yang ketat, dan pelatihan terhadap tenaga kerja mengenai keamanan pangan.
 
Lebih lanjut, Reni menyampaikan, pihaknya secara konsisten telah memberikan fasilitas sertifikasi GMP dan HACCP bagi IKM Pangan, dengan akumulasi data sejak tahun 2011 hingga tahun 2023, terdapat 153 IKM pangan yang mendapatkan fasilitas sertifikasi GMP maupun HACCP dengan rincian 61 IKM sertifikat GMP, dan 92 IKM bersertifikat HACCP.
 
 
Ia mencontohkan, salah satu pelaku industri yang mendapat fasilitas sertifikasi standar mutu dan keamanan tersebut yakni produk Havel Tea dari PT Havelindo Vita Lestari.

Perusahaan yang bergerak di industri teh itu mengenalkan produk teh Indonesia yang memadukan bahan-bahan herbal seperti bunga, buah, dan rempah-rempah khas lainnya, serta saat ini Havel Tea telah berhasil menembus pasar Internasional di Filipina, Malaysia, Singapura, serta Hong Kong.

Baca juga: Kemenperin memacu pemajuan IKM pangan lewat Gernas BBI
Baca juga: Kemenperin dorong IKM pangan lakukan diversifikasi bahan baku lokal
Baca juga: Kemenperin dorong daya jual IKM pangan-furnitur di business matching

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024