Jakarta (ANTARA) - Dalam agama Islam, menjaga kebersihan dan kesucian tubuh adalah hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi sah atau tidaknya ibadah sholat.

Mandi wajib atau mandi junub adalah salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang bertujuan untuk menyucikan diri dari hadas besar. Hadas besar ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti keluarnya air mani, hubungan suami istri, haid, nifas, atau setelah melahirkan.

Sunah mandi junub

terdapat beberapa kesunnahan yang dapat dilakukan saat melaksanakan mandi wajib. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Imam al-Ghazali dalam kitab Bidâyatul Hidâyah, di antaranya adalah sebagaimana berikut:
  1. Membasuh tangan hingga tiga kali.
  2. Membersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel di badan.
  3. Berwudhu dengan sempurna.
  4. Mengguyur kepala sampai tiga kali, bersamaan dengan itu melakukan niat menghilangkan hadast besar.
  5. Mengguyur bagian badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian dilanjutkan dengan badan sebelah kiri juga tiga kali.
  6. Menggosok-gosok tubuh, depan maupun belakang, sebanyak tiga kali.
  7. Menyela-nyela rambut dan jenggot (bila punya).
  8. Mengalirkan air ke lipatan-lipatan kulit dan pangkal rambut.

Doa setelah mandi wajib

Setelah melakukan mandi wajib kita dianjurkan untuk menyempurnakan ibadah kita dalam menyucikan diri dengan membaca doa.

Bagi yang ingin mengetahui cara membaca doa untuk menyempurnakan mandi wajib, berikut adalah langkah-langkahnya. Setelah selesai mandi dan keluar dari kamar mandi, Anda dapat melanjutkan dengan membaca doa setelah mandi wajib sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina.

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikan lah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikan lah aku pula termasuk orang-orang yang selalu menyucikan diri.”


Baca juga: Doa saat bercermin

Baca juga: Doa saat masuk dan keluar kamar mandi

Baca juga: Doa mau tidur dan bangun tidur dalam Islam

Baca juga: Doa setelah mimpi buruk, dibaca untuk meminta perlindungan Allah

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024