Surabaya (ANTARA) - Timnas Australia U-19 menang dengan skor tipis 1-0 atas Myanmar pada laga terakhir penyisihan Grup B, sekaligus melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Rabu sore, kedua tim langsung memberikan permainan impresif sejak awal pertandingan. Jual beli serangan pun tak terelakkan.

Beberapa kali pemain dari kedua tim, yakni Adam Burgarija dari Australia dan Win Pyae Maung dari Myanmar membuat peluang di area kotak penalti masing-masing lawan.

Australia baru bisa unggul lewat sundulan Medin Memeti pada menit ke-35. Berawal dari tendangan bebas yang diambil oleh Adam Burgarija, bola membentur mistar gawang Myanmar dan Memeti yang berada di depan gawang Saw Kyaw Khan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Di penghujung babak pertama justru pemain belakang Myanmar Phyo Pyae Sone diberikan kartu merah setelah melanggar salah satu pemain Australia pada menit ke-45+1.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor sementara masih 1-0 untuk keunggulan Australia.

Pada babak kedua, Myanmar yang hanya bermain dengan 10 pemain tetap memilih menyerang pertahanan Australia dalam lima menit pertama.

Namun, Dylan Paul dan kawan-kawan juga menunjukkan taringnya sebagai juara sementara Grup B. Terbukti dua kali anak asuh Aung Naing harus berjibaku menahan gempuran Australia setelah Luke Anthony menendang bola ke arah gawang dan membentur mistar.

Baca juga: Pelatih Australia puji upaya pemain Myanmar meski hanya main 10 orang

Tidak sampai situ, setelah bola membentur mistar gawang, giliran Memeti menendang bola namun berhasil dihalau oleh pemain belakang Myanmar Lat Wai Phone yang sigap langsung menyelamatkan gawang.

Pada menit ke-53, tim berjuluk Young Socceroos memiliki peluang menggandakan keunggulan melalui sepakan Memeti, namun dianulir wasit karena dianggap offside.

Meskipun Myanmar kemudian bermain lebih defensif, namun sesekali melakukan serangan balik yang mampu mengancam pertahanan Australia.

Hingga wasit asal Thailand Songkraan Bunmeekiart meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Australia.

Pada laga Grup B lainnya, Vietnam U-19 berhasil mengalahkan lawannya Laos dengan skor telak 4-1.

Dari hasil kedua pertandingan, Australia berhak menempati peringkat pertama Grup B dengan total sembilan poin.

Di semifinal, anak asuh Trevor Morgan itu akan bertemu peringkat kedua Grup C yang akan berlangsung antara Malaysia lawan Thailand pada Kamis (25/7) pukul 15.00 WIB.

Sementara Myanmar harus puas menempati peringkat ketiga dengan mengoleksi dua poin, disusul Laos dengan satu poin.

Daftar susunan pemain kedua tim:

Timnas Myanmar U-19:
Saw Kyaw Khan No (PG), Lat Wai Phone, Samuel Ngai Kee, Naing Win Tun, Swan Htet (C), Min Maw Oo, Win Pyae Maung, Shine Wanna Aung, Tun Tun Thein, Phyo Pyae Sone, Hlwan Htet Tun
Pelatih: Aung Naing

Timnas Australia U-19:
Max Domenic Vartuli (PG), Ben Ryan Van Dorssen, Lucas Herrington, Pearson Kasawaya, Kavian Rahmani, Luke Anthony Vickery, Zane Sam Helweh, Medin Memeti, Xavier Nicholas Stella, Adam Bugarija, Dylan Paul Leonard (C)
Pelatih: Trevor Morgan

Baca juga: Pelatih: Sepak bola di Timor Leste maju jika fasilitas bagus
Baca juga: Pemain Timor Leste Alexandro Lemos ingin main di PSIS Semarang

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024