BPJS Kesehatan membaharui diri terus menerus guna menyediakan informasi akurat melalui aplikasi
Sorong (ANTARA) -
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama mengatakan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi satu solusi konkret bagi peserta JKN untuk mendapatkan informasi seputar ketersediaan tempat tidur di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
 
"BPJS Kesehatan membaharui diri terus menerus guna menyediakan informasi akurat melalui aplikasi," ucapnya di Sorong, Rabu.
 
Dengan aplikasi tersebut, lanjutnya, masyarakat dapat dengan cepat memperoleh informasi penting mengenai kesehatan mereka, meminimalkan waktu tunggu, serta memastikan mereka mendapatkan perawatan yang tepat dan berkualitas.
 
“Kami terus mengembangkan kanal layanan daring agar memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, termasuk ketersediaan tempat tidur di rumah sakit," kata Pupung.

Baca juga: Layanan online BPJS Kesehatan jadi solusi ampuh sebarkan informasi JKN
 
Dengan demikian peserta JKN dengan mudah memantau kondisi terkini di rumah sakit terdekat, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat dalam mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan.
 
"Ini merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia," ucapnya.
 
Dalam upaya menjaga kehandalan informasi yang disediakan, kata dia, BPJS Kesehatan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan lainnya guna memastikan bahwa layanan kesehatan yang diakses sesuai dengan standar.
 
"Kami terus bekerja sama dengan pihak rumah sakit untuk memastikan bahwa data yang disediakan dalam aplikasi tersebut selalu ter-update dan sesuai dengan kondisi terkini di lapangan," kata Pupung.

Baca juga: BPJS luncurkan FRISTA, inovasi digital guna efisiensi pelayanan
 
Sementara itu peserta JKN, Marlen Yospince Noya yang ditemui saat sedang menjalani rawat inap pada salah satu rumah sakit di Kota Sorong, mengatakan aplikasi JKN memberikan kemudahan bagi peserta JKN untuk mendapatkan informasi soal ketersediaan tempat tidur.
 
“Saya mengalami gejala tidak enak badan dan suhu tubuh yang tinggi, sehingga langsung menuju IGD untuk diperiksa. Di perjalanan menuju rumah sakit saya sempat mengecek ketersediaan tempat tidur melalui aplikasi untuk memastikan saya dapat segera mendapatkan perawatan yang diperlukan,” katanya.
 
Marlen menceritakan penggunaan aplikasi ini tidak hanya membantunya menghindari waktu tunggu yang panjang, tetapi juga memberikan kepastian ia bisa segera mendapatkan perawatan.
 
“Berkat informasi yang dari aplikasi mobile JKN, saya tidak perlu menunggu lama untuk masuk ke ruang rawat inap setelah diperiksa petugas. Ini memudahkan dan mengurangi kekhawatiran saya dalam mendapatkan perawatan yang yang saya butuh dengan cepat,” ungkap Marlen.

Baca juga: BPJS Kesehatan tempatkan petugas di faskes optimalkan layanan JKN

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024