Pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara mewakili pemerintah serta seluruh masyarakat menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto memimpin upacara pemakaman jenazah Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz di pemakaman keluarga, Desa Jogjogan, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

"Dalam rangka upacara secara militer, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan atas dasar dharma bakti pengabdian almarhum kepada negara," ungkap Hadi Tjahjanto saat memimpin upacara.

Ia mengaku kehilangan atas berpulangnya almarhum Hamzah Haz. Tapi, kata dia, kepergian Wapres ke-9 ini harus diterima dengan ketawakalan dan keikhlasan.

"Pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara mewakili pemerintah serta seluruh masyarakat menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum," ujar Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan duka cita atas wafatnya Hamzah Haz

Ia mengatakan pengabdian Hamzah Haz kepada negara perlu diteladani oleh seluruh masyarakat.

"Marilah kita semua mendoakan dan memaafkan almarhum semoga kesalahan dan kekhilafan serta dosa yang ada pada almarhum diampuni dan arwahnya diterima oleh tuhan yang maha esa serta mendapat tempat yang dimuliakan," tuturnya.

Sementara perwakilan keluarga Hamzah Haz, Zarkasih Nur di tempat yang sama menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah dan masyarakat yang hadir pada upacara pemakaman.

"Oleh karenanya jikalau ada kesalahan beliau, tolong dibukakan pintu maaf yang seluas luasnya. Dan kepada Allah lah kita serahkan apa yang kita kerjakan dan kita sampaikan ini dan semoga doa ini diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT)," kata Zarkasih.

Baca juga: Jenazah Wapres Ke-9 Hamzah Haz dishalatkan di masjid depan rumah duka

Jenazah Hamzah Haz dimakamkan tepat di sebelah pusara mendiang istrinya Asmaniah yang ada di area Yayasan Al-Ikhlas, yakni lingkungan pendidikan berupa kampus dan SMK yang didirikan oleh Hamzah Haz.

Tempat peristirahatan terakhir Wapres RI ke-9 ini terletak di sebuah pendopo kecil tak jauh dari Masjid Jami' Al-Ikhlas.

Jenazah Hamzah Haz diberangkatkan menuju makam keluarga setelah dishalatkan di masjid di depan rumah duka di kawasan Matraman, Jakarta. Sebelum diberangkatkan, jenazah juga dilakukan prosesi upacara secara militer setelah secara resmi diserahkan dari keluarga ke pemerintah.

Adapun jenazah diberangkatkan sekitar pukul 14.30 WIB.

"Kami keluarga ya mengikhlaskan semuanya, yang dicita-citakan bapak pun tentunya kami akan lanjuti," kata Putra Ke-4 Hamzah Haz, Nur Agus Haz di rumah duka.

Baca juga: Jenazah Wapres ke-9 Hamzah Haz diberangkatkan ke pemakaman di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024