Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ombudsman RI Suganda Pandapotan Pasaribu dinyatakan lolos seleksi tahap administrasi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 dalam Pengumuman resmi Nomor 37/PANSEL-KPK/07/2024.

“Saya sangat bersyukur dinyatakan lolos seleksi tahap administrasi dan siap menjalani proses seleksi selanjutnya,” ujar Suganda dalam keterangan tertulis resmi di Jakarta, Rabu.

Sebagai salah satu peserta seleksi dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Suganda mengatakan adanya representasi ASN pada pimpinan KPK dapat lebih memperkaya pengalaman praktis dalam dunia birokrasi.

Dengan demikian, lanjut dia, hal tersebut dapat memaksimalkan upaya pencegahan korupsi dalam birokrasi, terutama karena dirinya telah terjun langsung di dunia birokrasi selama puluhan tahun.

Dia pun telah menyiapkan sejumlah terobosan pemberantasan maupun pencegahan korupsi, terutama dengan memperkuat koordinasi dan supervisi yang akan diwujudkan apabila nantinya terpilih sebagai pimpinan KPK.

Sebelum berkiprah di Ombudsman, Suganda juga pernah memiliki pengalaman sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Maret-November 2023. Selama itu, dirinya berhasil meraih beberapa penghargaan, di antaranya BKN Award Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai.

Sementara itu prestasi yang berhasil ia raih sebagai Sekjen Ombudsman RI sejak Februari 2018 hingga saat ini, antara lain menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya pada Januari 2024 atas jasa dalam bidang layanan pemerintahan melalui transformasi digital Ombudsman Satu Aplikasi (OSA),

Saat ini Suganda juga menjabat sebagai Dewan Pengawas Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) tahun 2020-2025 dan Ketua Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ombudsman RI tahun 2023-2028.

Adapun jumlah pendaftar seleksi capim KPK mulai 26 Juni 2024 hingga penutupan 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB tercatat sebanyak 318 orang. Dari jumlah tersebut, dinyatakan lolos tahap administrasi seleksi capim KPK sebanyak 236 orang.

Pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahap berikutnya, yakni tes tertulis pada 31 Juli 2024 di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024