Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan 52.600 anak usia 0-7 tahun mendapatkan vaksinasi polio pada pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 dalam upaya melindungi anak-anak dari penyakit polio.
 
Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan sebanyak 52.600 anak usia 0-7 tahun itu tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Agam.
 
"Kita menargetkan 52.600 anak untuk divaksin polio dalam PIN Polio 2024," katanya.
 
Ia mengatakan vaksin tersebut bakal diberikan di posyandu, PAUD, TK, dan sekolah dasar dengan menurunkan petugas dari 23 puskesmas.

Baca juga: Pemkab Natuna targetkan 8.572 anak dapat vaksinasi polio
 
"Pekan Imunisasi Nasional Polio itu sebagai upaya untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio," ujarnya.
 
Untuk itu, ia berharap partisipasi masyarakat agar target tersebut tercapai, sehingga semua anak dapat terlindungi dari penyakit yang berpotensi menyebabkan kelumpuhan ini.
 
"Partisipasi tersebut sangat kita butuhkan agar target pemberian vaksin polio tercapai," katanya.
 
Camat Tilatang Kamang Muhammad Noviardi Ismail mengatakan pencanangan vaksinasi polio di Tilatang Kamang difokuskan di dua lokasi yakni Puskesmas Kapau dan Puskesmas Pakan Kamis.

Baca juga: Pemkab OKI targetkan 104.200 anak untuk vaksin polio pada PIN 2024
 
"Pemberian imunisasi itu sudah dimulai pada Selasa (23/7). Tidak hanya di dua puskesmas di Kecamatan Tilatang Kamang, beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Agam juga turut menyukseskan PIN di posyandu dan puskesmas setempat," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa pelaksanaan PIN itu dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Agam Yenni Andri Warman dan Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian.
 
Hal itu dibarengi dengan penandatanganan komitmen bersama lintas sektoral, Posyandu Bungo Campago Nagari Malalak Utara, Posyandu Pasar Matur, dan Nagari Baringin Kecamatan Palembayan.
 
Ketua TP PKK Agam Yenni Andri Warman menambahkan bahwa pelaksanaan PIN Polio ini jugauntuk meningkatkan kesadaran orang tua untuk membawa anaknya melakukan imunisasi polio.

Baca juga: Kepulauan Seribu targetkan 4.295 anak terima vaksin polio
 
"Pentingnya kesadaran masyarakat tentang imunisasi dalam melindungi anak dari penyakit," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024