Jakarta (ANTARA) -
Surat Yasin merupakan salah satu surat di dalam Al-Quran yang dikenal dengan berbagai keistimewaannya, bahkan sering disebut sebagai "jantung" dari Al-Quran.

Surat yang terdiri dari 83 ayat termasuk golongan surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di Makkah.
 
Surat Yasin memiliki berbagai riwayat dan keutamaan yang menjadikannya sering dibaca dalam berbagai kesempatan, terutama dalam doa-doa untuk kebaikan hidup dan akhirat.
 
Nama "Yasin" diambil dari dua huruf pertama ayat pertama surah ini: "Ya Sin". Menurut beberapa tafsir, huruf-huruf ini termasuk huruf muqatta'ah, yang maknanya hanya diketahui oleh Allah.
 
Namun, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa "Yasin" merujuk kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai panggilan mesra dari Allah. Wallahu a'lam bishawab.
 
Menurut para ulama, kalimat "Ya Sin" dalam Surat Yasin memiliki beberapa makna, termasuk sebagai sumpah Allah SWT, nama Allah SWT, nama Al-Qur'an, serta sebutan bagi Nabi Muhammad SAW.
 
Selain itu, kalimat ini juga merupakan penegasan bagi manusia yang belum pernah diperingatkan sebelumnya bahwa Rasulullah SAW adalah utusan Allah.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam hari dengan niat mencari ridha Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni pada malam itu.
 
Sebagaimana kata Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam bersabda:
 
مَنْ قَرَأَ (يس) فِيْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَوَجْهِ اللّٰهِ غُفِرَلَهُ فِيْ تِلْكَ الَّليْلَةِ
 
Artinya : Barang siapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah Allah maka ia akan diampuni pada malam itu. (HR. Ad-Darimi).
 
Kemudian, dalam salah satu hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Segala sesuatu memiliki jantung (inti), dan jantung Al-Quran adalah Yasin. Barangsiapa yang membacanya seolah-olah ia telah membaca Al-Quran sebanyak sepuluh kali" (HR. Tirmidzi).
 
Hal ini menunjukkan bahwa, betapa besar keutamaan dan pahala yang didapatkan dari membaca surat Yasin ini.
 
Keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin
 
Surat Yasin dikenal dengan berbagai keutamaan dan manfaatnya, antara lain:
 
1. Mendapatkan ampunan dosa
 
Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca surat Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah, maka dosanya akan diampuni" (HR. At-Tabarani). Ini menjadikan surat Yasin sering dibaca dalam rangka memohon ampunan.

2. Ketentraman dan ketenangan
 
Membaca surat Yasin diyakini dapat mendatangkan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Banyak umat Islam yang membaca surat ini ketika menghadapi kesulitan atau mencari ketenangan batin.

3. Keberkahan hidup
 
Surat Yasin sering dibaca untuk memohon keberkahan dalam hidup. Dalam tradisi banyak umat Islam, surat ini dibaca ketika mengawali usaha baru, saat berdoa untuk kesehatan, dan dalam acara-acara penting seperti pernikahan atau acara tahlilan dzikir.
 
4. Kemudahan dalam sakratul maut

Surat Yasin juga dikenal dibaca untuk orang yang sedang menghadapi sakratul maut. Diyakini bahwa bacaan surat ini dapat mempermudah proses tersebut dan memberikan ketenangan bagi yang akan meninggal dunia.
 
5. Doa dan perlindungan

Surat Yasin sering dibaca sebagai bentuk doa dan perlindungan. Banyak umat Islam yang membacanya sebagai doa harian untuk mendapatkan perlindungan dari segala macam bahaya dan bencana.
 
6. Meningkatkan keimanan dan pahala

Jika membaca Surat Yasin dengan memahami artinya, maka orang itu akan memahami juga tentang betapa besar keagungan Allah SWT.
 
Bahwa betapa mengerikannya kematian dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa itu dalam membela Islam. Tentunya hal tersebut dapat membuat keimanan seseorang semakin bertambah.
 
7.Mendapat kemuliaan

Setiap surat dalam Al-Quran membawa kebaikan bagi pembacanya. Membaca Al-Quran secara rutin, termasuk Surat Yasin, akan mendatangkan kemuliaan dari Allah SWT.
 
Seperti dijelaskan dalam hadits, "Siapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya, kedua orang tuanya akan dianugerahi mahkota pada hari kiamat."
 
Demikian pembahasan mengenai riwayat dan manfaat membaca Surat Yasin. Rutin membaca Surat Yasin tidak hanya membawa keberkahan dan ketenangan jiwa.
 
Akan tetapi juga menjadi amalan yang mendekatkan kita kepada Allah SWT, memperoleh pahala besar, serta mendapatkan perlindungan dan kemudahan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

Baca juga: Doa setelah mimpi buruk, dibaca untuk meminta perlindungan Allah

Baca juga: Doa sebelum dan sesudah makan beserta adabnya dalam ajaran Islam

Baca juga: Mandi junub: niat, tata cara dan sunahnya

 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024