Kekayaan Papua sangat banyak, tetapi kalau tidak dikelola secara baik dalam sisi bisnis maka perekonomian masyarakat akan berjalan di tempat.
Sentani (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Keminves/BKPM) mengharapkan Orang Asli Papua (OAP) berinvestasi di sektor hilirisasi tunjang peningkatan ekonomi.

Keminves/BKPM menggelar forum bisnis dalam rangka promosi investasi pada sektor hilirisasi di Provinsi Papua pada Rabu.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Nurul Ichwan, di Sentani, Rabu, mengatakan sektor hilirisasi merupakan tema nasional dan menjadi kebijakan pemerintah pusat, sehingga siapa pun itu harus menyukseskan program ini.

“Dengan kebijakan seperti ini, maka siapa pun di Indonesia harus mengambil peran tersebut, bukan hanya sebagai kewajiban dari pemerintah pusat tetapi ini adalah cara untuk memberikan inklusivitas yang dilakukan teman-teman di daerah,” katanya.

Menurut Nurul Ichwan, dengan program hilirisasi maka pemerintah daerah di Papua akan memberikan peluang partisipasi lebih banyak dari masyarakat pelaku usaha di daerah ini.

“Kenapa sih hilirisasi, karena kami ingin menciptakan ekosistem bisnis di Papua dan setiap provinsi di Indonesia berbasis atas kekuatan daya saing mereka termasuk sumber daya yang dimiliki,” ujarnya.

Dia menjelaskan hilirisasi yang dimaksud dalam konteks perikanan ialah petani tidak hanya mampu menghasilkan ikan, tetapi bagaimana sumber daya itu dikelola secara baik sehingga menghasilkan nilai tambah.

“Ke depan di Papua harus ada pengelolaan ikan menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah, seperti minyak ikan atau hal lainnya sehingga nilai ikan akan meningkat melalui proses yang baik,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan sumber daya yang dikelola secara baik, maka akan meningkatkan nilainya sehingga uang yang akan masuk ke Papua pun semakin banyak agar perekonomian di sini terus maju

“Kekayaan Papua sangat banyak, tetapi kalau tidak dikelola secara baik dalam sisi bisnis maka perekonomian masyarakat akan berjalan di tempat,” ujarnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Papua Ronald Antonio mengatakan kegiatan ini sangat baik karena pemerintah pusat melalui Keminves/BKPM mau membantu mempromosikan peluang investasi di daerah ini.

“Kami melihat kegiatan ini sangat baik bagaimana mampu menumbuhkan iklim investasi yang baik bagi pelaku usaha di Papua,” katanya pula.
Baca juga: BEI Papua sasar pemuda gereja belajar investasi saham
Baca juga: Kementerian Investasi-Dekranas gelar peningkatan kompetensi UMKM Papua

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024