Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak ke Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu, untuk meresmikan revitalisasi kawasan Taman Balekambang.

Keterangan Biro Pers Sekretariat Wapres menginformasikan Wapres beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, dan rombongan terbatas bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jateng, pada pukul 15.00 WIB menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Setibanya di Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo sekitar pukul 16.10 WIB, Wapres rencananya akan disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko.

Keesokan harinya, Kamis (25/7) pukul 10.00 WIB Wapres diagendakan meresmikan penataan kawasan Taman Balekambang di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Sola, Jateng.

Baca juga: Taman Balekambang Surakarta dibuka mulai 25 Juli

Sebagai informasi, dilansir dari laman resmi Kota Solo, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merevitalisasi kawasan Taman Balekambang sejak 2022.

Selain sebagai upaya pelestarian kawasan cagar budaya dan peningkatan kualitas sarana prasarana Taman Balekambang, penataan itu juga untuk mengembalikan fungsi awal Taman Balekambang seperti kebon rojo (kebun raja) yang elok, indah, dan menawan.

Dalam proses revitalisasi tersebut, keberadaan pohon-pohon besar dan tua yang telah ada sebelumnya dipertahankan untuk mempertahankan daya tarik alaminya. Konsep revitalisasi sendiri mengusung ide botanical garden dengan menggunakan material bebatuan alam sebagai elemen pendukung, menjadikan Taman Balekambang sebagai inkarnasi nyata dari Taman Ekologi Budaya Jawa.

Usai meresmikan revitalisasi kawasan Taman Balekambang, dengan menggunakan pesawat yang sama Wapres beserta Wury Ma'ruf Amin dan rombongan kembali ke Jakarta untuk melaksanakan berbagai agenda kenegaraan lainnya.

Baca juga: Wapres: Anak anugerah Tuhan untuk masa depan Indonesia
Baca juga: Wapres: Gerakan wakaf uang berpotensi tingkatkan kesejahteraan warga


 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024