Kabupaten Bogor (ANTARA) - Jenazah Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz dikebumikan di tempat pemakaman keluarga, Desa Jogjogan, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Almarhum akan dimakamkan tepat di sebelah pusara mendiang istrinya Asmaniah yang ada di area Yayasan Al-Ikhlas, yakni lingkungan pendidikan berupa kampus dan SMK yang didirikan oleh Hamzah Haz.

Tempat peristirahatan terakhir Wapres ke-9 RI ini terletak di sebuah pendopo kecil tak jauh dari Masjid Jami' Al-Ikhlas.

Ketua Yayasan Al-Iklhlas Junaidi Irawan mengatakan, penyebab meninggalnya Hamzah Haz karena sakit.

"Karena sakit saya dapet kabar sekitar pukul 9-an, belakangan ini memang sering bolak balik ke rumah sakit," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan duka cita atas wafatnya Hamzah Haz

Terlihat juga aparat keamanan sudah bersiaga di lokasi untuk memastikan kelancaran prosesi pemakaman.

"Saat ini sudah ada penggalian dan mungkin di sini sudah dateng dari protokoler," kata Junaidi.

Jenazah Hamzah Haz diberangkatkan menuju makam keluarga setelah dishalatkan di masjid di depan rumah duka di kawasan Matraman, Jakarta.

Sebelum diberangkatkan, jenazah juga dilakukan prosesi upacara secara militer setelah secara resmi diserahkan dari keluarga ke pemerintah.

Adapun jenazah diberangkatkan sekitar pukul 14.30 WIB.

"Kami keluarga ya mengikhlaskan semuanya, yang dicita-citakan bapak pun tentunya kami akan lanjuti," kata putra Ke-4 Hamzah Haz, Nur Agus Haz di rumah duka.

Rencananya upacara pemakaman di makam keluarga tersebut akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, berdasarkan keterangan Ketua Umum PPP Mardiono.

Adapun jenazah tokoh bangsa itu dibawa ke pemakaman menggunakan mobil jenazah dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) TNI I/Jakarta. Keluarga dan kerabat mendiang pun turut mengiringi perjalanan menuju ke lokasi pemakaman.


Baca juga: Jenazah Wapres ke-9 Hamzah Haz diberangkatkan ke pemakaman di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024