"Di Vietnam, TikTok Shop memiliki pangsa pasar yang signifikan sebesar 24 persen, menjadikannya platform e-commerce terbesar kedua di negara tersebut......"
Hanoi (ANTARA) - Pasar perdagangan elektronik (e-commerce) Vietnam telah membukukan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 16 hingga 30 persen selama empat tahun terakhir, tertinggi di kawasan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), demikian dilaporkan media lokal VOV pada Selasa (23/7).

Mengutip OpenGov Asia, sebuah platform konten yang didedikasikan untuk berbagi pengetahuan dan informasi terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK), laporan tersebut mengatakan bahwa sektor e-commerce lintas perbatasan negara itu berkembang dengan laju 2,3 kali lebih cepat daripada e-commerce reguler antara  2022 hingga 2025, dengan sejumlah proyeksi mengindikasikan pertumbuhan tahunan sebesar 20 persen hingga 2026.

Di Vietnam, TikTok Shop memiliki pangsa pasar yang signifikan sebesar 24 persen, menjadikannya platform e-commerce terbesar kedua di negara tersebut.

Selama lima tahun terakhir, bisnis-bisnis dari Vietnam telah secara signifikan memperluas cakupan internasional mereka, dengan jumlah produk yang diekspor melalui platform e-commerce internasional meningkat 300 persen.

Pendapatan tahunan dari banyak perusahaan kecil dan menengah telah melampaui 1 juta dolar AS (Rp16,2 miliar), ungkap OpenGov Asia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024