Informasi mengenai keberadaan titik panas tersebut juga sudah disampaikan kepada pemangku kepentingan agar dapat menjadi perhatian
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebanyak 105 titik panas atau hotspot terpantau di sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

"Ke-105 titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor medis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20," kata Prakirawan Cuaca Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan Martha Manurung di Medan, Senin, Rabu.

Kepada masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan pembakaran saat membersihkan lahan, mengingat saat ini di sebagian wilayah Sumatera Utara sudah memasuki musim kemarau.

"Informasi mengenai keberadaan titik panas tersebut juga sudah disampaikan kepada pemangku kepentingan agar dapat menjadi perhatian,' katanya.

Baca juga: BMKG: 20 wilayah di Aceh berpotensi tinggi terjadi karhutla

Ke-105 titik panas tersebut masing-masing terpantau tiga titik di Humbang Hasundutan, satu di Labuhanbatu Selatan, tujuh di Labuhanbatu Utara, satu di Mandailing Natal, dua di Padang Lawas Utara, dua di Padang Lawas, dan satu titik di Pakpak Bharat.

Kemudian tiga titik panas di Serdang Bedagai, enam Tapanuli Selatan, empat di Tapanuli Utara, 13 di Toba, dua di Asahan, empat di Dairi, satu di Deli Serdang, enam di Karo, 35 di Labuhanbatu, dua di Langkat, dan 12 titik panas di Samosir.

Sementara terkait prakiraan cuaca pada Kamis (25/7) pagi  rata-rata cerah berawan pada sebagian besar wilayah di Sumatera Utara. Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada 22 titik panas di Sumatera Utara

Pada Malam hari, kata dia, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Humbang Hasundutan Sibolga, Langkat, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Utara. Sedangkan dini hari berpotensi hujan ringan di Deli Serdang, Karo, Binjai, Medan, Langkat, Serdang Bedagai, Simalungun, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15–36.0 derajat Celcius dengan kelembapan udara 50–90 persen dan angin bertiup dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 15 km/jam.

"Waspada potensi suhu udara yang cukup panas dan gerah di wilayah dataran rendah, perkotaan, dan pesisir pantai Sumatera Utara," katanya.

Baca juga: BMKG ingatkan suhu panas di Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024