Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKJ melalui Perumda Pasar Jaya terus mendorong pembangunan dan revitalisasi Pasar, setelah awal tahun melaksanakan peresmian dua pasar sekaligus yaitu pasar Jati Rawasari dan Pasar Cilincing, kini giliran Pasar Pramuka yang akan dilakukan Revitalisasi dan ditargetkan pada tahun ini yang sebelumnya sudah disosialisasikan kepada para pedagang. Pasar Pramuka terletak di Jalan Pramuka Raya Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Manager Hubungan Masyarakat Perumda Pasar Jaya, Agus Lamun mengemukakan bahwa Revitalisasi Pasar Pramuka ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kenyamanan dan kemudahan bagi pedagang dan pengunjung.

“Direncanakan pada tahun ini, kami akan memulai revitalisasi Pasar Pramuka ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan fasilitas pasar tradisional di Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut, Agus Lamun mengungkapkan Pasar Pramuka ini terkenal sebagai pusat penjualan obat-obatan dan alat kesehatan dengan fasilitas yang memadai seperti sarana rumah ibadah.

Rencana Revitalisasi

Revitalisasi Pasar Pramuka ini mencakup peningkatan infrastruktur (Pembaharuan instalasi ME dan Plumbing) dengan merenovasi bangunan untuk memperbaiki tampak muka dengan desain yang lebih modern, modernisasi fasilitas dan peningkatan pelayanan yang ramah lingkungan seperti utilitas, masjid, dan sarana parkir yang lebih memadai.

“Selain itu juga, Revitalisasi ini akan mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau yang juga dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas publik tentunya dengan meningkatkan sistem ventilasi dan pencahayaan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman, dengan menambahkan ornamen betawi tanpa meninggalkan kearifan lokal yang ada di Jakarta” ungkapnya.

Harapan ke depannya, Pasar Pramuka dapat menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Pasar yang lebih modern, bersih, dan teratur akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik serta meningkatkan kesejahteraan para pedagang.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pasar yang lebih baik bagi pedagang dan pengunjung. Revitalisasi ini tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan menjaga kelestarian pasar tradisional di tengah gempuran era digitalisasi serta bukti konkrit dalam mewujudkan jakarta sebagai kota global” ucapnya. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024