Moskow (ANTARA) - Mantan Menteri Dalam Negeri dan Luar Negeri Inggris, James Cleverly mengumumkan pencalonan dirinya menjadi pemimpin Partai Konservatif Inggris - anggota partai pertama yang mengumumkan niatnya untuk bersaing memperebutkan posisi tersebut. "Saya mencalonkan diri untuk menjadi Ketua Partai Konservatif," kata Cleverly di X pada Selasa.

Pejabat itu juga menyiarkan tayangan video, di mana dia mengatakan bahwa partai tersebut telah berkontribusi pada perkembangan ekonomi Inggris dan bahwa sekarang perlu membangun kembali reputasinya dan "mengembalikan kepercayaan rakyat Inggris."

Media setempat, The Times melaporkan pada Senin bahwa Partai Konservatif berencana untuk menunjuk pemimpin partai baru pada 2 November setelah memilih empat kandidat utama pada bulan September mendatang, dengan pembukaan panggilan untuk pencalonan pada Rabu.

Partai Buruh memperoleh mayoritas keseluruhan di House of Commons Inggris setelah pemilihan parlemen awal Juli, memenangkan jauh lebih dari 326 kursi yang diperlukan untuk mengendalikan majelis rendah parlemen yang beranggotakan 650 kursi.

Hal tersebut mengakhiri kekuasaan 14 tahun pemerintahan Partai Konservatif di Inggris.

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Partai Konservatif Inggris berencana pilih pemimpin baru pada November
Baca juga: Balfe: 10 tahun lagi Konservatif bisa kembali berkuasa di Inggris
Baca juga: Kalah pemilu, Rishi Sunak mundur dari pemimpin Partai Konservatif
​​​​​​​


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024