Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali ke Gedung Putih pada Selasa (23//7) setelah beberapa hari melakukan isolasi karena terpapar COVID-19 dan di tengah rumor tentang kesehatannya.

Biden yang dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu pekan lalu, menjalani isolasi di rumah peristirahatannya di Pantai Rehoboth, Delaware.

Biden memberi hormat dan tersenyum kepada wartawan yang meneriakkan pertanyaan saat dia keluar dari iring-iringan mobilnya di Pangkalan Angkatan Udara Dover sebelum menaiki Air Force One.

“Perhatikan dan pahami. Mengapa Anda tidak menunggu dan mendengar apa yang akan saya katakan?” kata Biden ketika ditanya tentang pidatonya di Ruang Oval yang dijadwalkan pada Rabu malam.

Wartawan lain bertanya mengapa ia mundur dari pencalonan presiden dan Biden hanya menoleh serta tertawa sebelum berjalan menuju mobil kepresidenan yang dijuluki “The Beast.”

Biden akan berpidato di hadapan publik AS dari Ruang Oval pada Rabu setelah mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden melalui unggahan di X pada akhir pekan lalu.

Pengumuman mundurnya Biden tersebut muncul setelah semakin banyak suara dari Partai Demokrat yang mendesaknya untuk mengakhiri kampanye pemilihannya kembali menyusul kinerja debat yang buruk melawan calon dari Partai Republik Donald Trump pada bulan Juni lalu.

Debat yang dicap buruk itu lantas semakin menimbulkan pertanyaan tentang ketajaman mentalnya dan kemampuan untuk mengalahkan mantan presiden Trump pada pemilihan presiden yang akan berlangsung November mendatang.

Sumber : Anadolu-OANA

Baca juga: Pemimpin Eropa hormati keputusan Biden keluar dari arena Pilpres AS
Baca juga: Keputusan Biden berhenti kampanye adalah yang terbaik buat Demokrat


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024