Jakarta (ANTARA) - Salah satu aspek penting dalam kehidupan pernikahan adalah memberikan nafkah batin. Hubungan suami istri atau hubungan intim bukan hanya sekadar untuk memenuhi hasrat, tetapi juga sebagai tujuan mulia apabila ingin memperoleh keturunan.

Syariat Islam memberikan beberapa adab yang menjadikan jima' (berhubungan intim) bukan hanya sekedar kesenangan, tetapi juga menjadi ibadah tersendiri bagi pasangan suami istri, apabila dilakukan sesuai dengan adab-adabnya.

Adapun salah satu adab dalam berhubungan intim antara pasangan suami dan istri adalah di sunnah kan membaca doa sebelum melakukan jima' berikut adalah doanya:

Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhu, bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa berikut ini bagi seseorang yang hendak mencampuri istrinya:

بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa

Artinya:

“Dengan (menyebut) nama Allâh, ya Allâh jauhkan lah kami dari (gangguan) syaithan dan jauhkan lah syaithan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami”

Doa ini memuat keutamaan yang besar bagi orang yang mengamalkannya. Keutamaan itu tertuang dalam lanjutan hadits, di mana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

Kemudian jika ditakdirkan (lahirnya) anak bagi mereka berdua dari hubungan intim tersebut, maka syaithan tidak akan bisa mencelakai anak tersebut selamanya” [1][HR. al-Bukhâri no. 6388 dan Muslim no. 1434].

Hadits di atas menunjukkan salah satu adab dalam berhubungan intim, yaitu seorang lelaki membaca basmalah dan melafalkan doa di atas. Manfaatnya, apabila Allah Azza wa Jalla menakdirkan lahirnya anak bagi mereka dalam hubungan badan tersebut, maka anak itu akan lahir melalui keberkahan Allah SWT dan doa yang dibaca itu akan menjadi perlindungan baginya, sehingga syaithan tidak bisa mencelakai nya.

Baca juga: Kumpulan doa hendak bepergian, wajib tahu agar selamat sampai tujuan

Baca juga: Album Asia: Mengintip umat Hindu di Nepal rayakan bulan suci Shrawan

Baca juga: Doa ketika ulang tahun, cara rayakan rasa syukur dalam Islam

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024